Kuwu Sarajaya Ingatkan Berat Badan Bayi, Kini Posyandu Ada di Setiap Blok

Kuwu Sarajaya Ingatkan Berat Badan Bayi, Kini Posyandu Ada di Setiap Blok

Kegiatan Posyandu di Desa Sarajaya, Kabupaten Cirebon..--

RAKYATCIREBON.ID, LEMAHABANG- Pemerintah Desa Sarajaya,  Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon aktif mengadakan Posyandu.

Kuwu Sarajaya, Rudiyana mengatakan, kegiatan Posyandu sangat diperlukan guna mengetahui tumbuh kembang anak, bayi, ibu hamil dan lanjut usia (lansia).

"Bila ada yang kurang dari standar kesehatan, akan kami tindaklanjuti dengan memberi makanan tambahan dan melaporkan ke Puskesmas untuk penanganan lebih lanjut, " katanya usai acara di Posyandu 'Permata Bunda' desa setempat, Rabu (7/2/2023).

Pria yang biasa dipanggil Rudi ini menjelaskan, berbagai upaya dilakukan pihak desa dalam meningkatkan gizi bayi dan balita. Salah satunya dengan kegiatan penimbangan balita, yang dilakukan kader Posyandu.

"Yang utama, kesadaran orang tua itu sendiri dalam memberikan asupan makanan dan vitamin bagi anak. Jangan lupa ibu hamil datang ke Posyandu dan orang tua untuk membawa bayi dan anak ke Posyandu, untuk mengetahui berat badan dan kondisi kesehatan," jelasnya.

Masih dikatakan Rudi, kegiatan Posyandu tak hanya di balai desa, namun masing-masing blok. Yang bertujuan agar mempermudah masyarakat memeriksakan kesehatan.

"Dengan adanya kerjasama yang baik seluruh pihak, khususnya Puskesmas dan bidan desa juga kader PKK, stunting dapat dicegah," ujarnya didampingi Ketua PKK desa setempat, Tinah.

Dirinya mengucapkan terima kasih atas peran serta seluruh pihak, khususnya bidan desa dan kader PKK desa juga Puskesmas, yang giat melaksanakan kegiatan kesehatan di desa ini. "Cegah stunting dengan aktif ke Posyandu dan makan yang bergizi," imbau Rudi. (her)

Sumber: