4 Tokoh Berpengaruh di Indonesia asal Kuningan, Ada Perempuan Serjana Hukum Pertama di Indonesia

4 Tokoh Berpengaruh di Indonesia asal Kuningan, Ada Perempuan Serjana Hukum Pertama di Indonesia

Anies Baswedan--

RAKYATCIREBON.ID, JAKARTA - Sejumlah tokoh besar nasional ini bisa bikin warga Kabupaten Kuningan merasa Bangga. Mereka memiliki sumbangsih besar untuk negara.

Kabupaten Kuningan dalam peta nasional tampaknya tidak terlalu diperhitungkan, setidaknya dalam dekade ini.

Kota Kecil di wilayah Timur Jawa Barat ini jarang disebut. Baik dalam isu politik maupun sosial ekonomi.

Nama Kuningan mungkin lebih sering muncul di ruang kelas ketika guru pelajaran sejarah menerangkan momen ikonik di Gedung Perundingan Linggarjati.

Atau belakangan ini, Kuningan lebih dikenal lantaran beberapa potensi wisata alamnya yang terus berkembang.

Nah, kali ini kita akan mengulas sisi lain Kuningan. Yaitu, dari beberapa tokoh besar nasional yang lahir atau pernah tinggal di Kuningan.

Ya, tokoh-tokoh penting bangsa ini ada juga yang berasal dari Kabupaten Kuningan, atau lahir dan pernah tinggal di Kuningan.

Di antaranya ada yang sudah sangat terkenal. Apalagi dalam percaturan politik tanah air beberapa waktu belakangan ini.

Tapi, beberapa nama lainnya mungkin baru Kamu ketahui sekarang ini karena hidup pada masa yang berbeda dan namanya jarang terekspos ke publik.

Dengan mengetahui sejarah dan nama-nama besar di kancah nasional berikut ini, warga Kuningan bisa ikut merasa bangga.

Sebab, tokoh-tokoh ini memiliki sumbangsih yang besar untuk negara. Salah satunya adalah putri dari Raden Mochamad Achmad, Bupati Kuningan yang kelima, bernama Maria Ulfah.

Yuk, Langsung saja kita bahas satu per satu tokoh besar nasional yang bisa bikin warga Kuningan merasa bangga.

1. Maria Ulfah

Maria Ulfah yang lahir di Serang, Banten pada 18 Agustus 1911, merupakan salah satu tokoh perempuan Indonesia paling penting di era modern.

Dia adalah putri dari Bupati Kuningan yang kelima yaitu, Raden Mochamad Achmad. Ibunya bernama Raden Ayu Chadidjah Djajadiningrat.

Lantas, siapakah Maria Ulfah ini? Kenapa tokoh ini menjadi penting dalam perjalanan sejarah Indonesia?

Untuk diketahui, Maria Ulfah yang tumbuh besar di Kuningan ini adalah salah satu perempuan Indonesia yang memiliki pemikiran maju.

Dia tercatat sebagai perempuan Indonesia pertama yang mendapatkan gelar Sarjana Hukum.

Maria Ulfah jugalah perempuan Indonesia pertama yang menduduki jabatan menteri. Dia menjabat Menteri Sosial pada Kabinet Sjahrir.

Dalam peristiwa sejarah yang kemudian dikenal dengan Perundingan Linggarjati, sarjana hukum lulusan Leiden Belanda ini pun memiliki peran yang cukup penting.

Maria Ulfah adalah sosok yang mengusulkan Linggarjati sebagai tempat perundingan antara pemerintah Indonesia dan Belanda.

Adapun, pada awal perjalanan kariernya di pemerintahan, Maria Ulfah pernah menjadi tenaga ahli bagian perundang-undangan di Kabupaten Cirebon.

2. Idik Sulaeman Nataatmadja

Sosok yang satu ini juga jarang dikenal oleh publik. Padahal, memiliki jasa yang besar di bidang pendidikan.

Idik Sulaeman Nataatmadja yang lahir di Kuningan pada 20 Juli 1933. Namanya lebih dikenal dengan Idik Sulaeman saja.

Tokoh pendidikan Indonesia asal Kuningan ini merupakan orang yang mencetuskan nama Paskibraka.

Tidak hanya itu, seragam sekolah di Indonesia juga digagas olehnya. Idik Sulaeman juga yang membuat logo OSIS yang menempel di seragam sekolah.

Idik Sulaeman lahir dan menghabiskan masa kanak-kanaknya di Kuningan namun kemudian menamatkan SMP di Purwakarta dan SMA di Jakarta.

Selain tokoh pendidikan, Idik juga seorang seniman. Setelah lulus SMA, dia kemudian memilih jurusan Seni Rupa di Departemen Ilmu Teknik Institut Teknologi Bandung dan lulus sebagai Sarjana Seni Rupa.

3. SN Ratmana

Tokoh berikutnya adalah SN Ratmana atau nama aslinya Ratmana Sutjiningrat. Sastrawan Indonesia angkatan 66 ini lahir di Kuningan pada 6 Maret 1936.

Meski lahir di Kuningan, Ratmana kemudian besar di Pekalongan kemudian memilihi menetap hingga wafat di Kota Tegal Jawa Tengah.

Karya sastranya meliputi puisi, naskah drama, cerpen dan novel.

4. Anies Rasyid Baswedan

Nah, tokoh nasional yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi bagi publik Tanah Air. Anies Baswedan adalah tokoh politik Indonesia masa kini.

Dia diusung sebagai calon presiden oleh Partai Nasdem dan pernah menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Di samping itu, Anies pernah menjabat Menteri Pendidikan.

Anies Rasyid Baswedan lahir di Kabupaten Kuningan, pada 7 Mei 1969 dari keluarga terpelajar. Ayah dan Ibunya, Rasyid Baswedan dan Aliyah berprofesi sebagai pendidik. (*)  

Sumber: