Pengangguran Penyumbang Kemiskinan, Wakil Bupati Ini Pesan kepada Para Investor

Pengangguran Penyumbang Kemiskinan, Wakil Bupati Ini Pesan kepada Para Investor

Wakil Bupati Cirebon, Wahyu Tjiptaningsih menilai angka pengangguran sebagai penyumbang kemiskinan. FOTO : ZEZEN ZAENUDIN ALI/RAKYAT CIREBON--


RAKYATCIREBON.ID, CIREBON  - Angka pengangguran di Kabupaten Cirebon dinilai sebagai penyumbang kemiskinan. Itu disampaikan Wakil Bupati Cirebon Hj Wahyu Tjiptaningsih SE MSi, Selasa (28/2).

Ia pun meminta kepada para pengusaha yang berinvestasi di Kabupaten Cirebon untuk memperhatikan tenaga kerja lokal.

"Angka pengangguran di Kabupaten Cirebon saat ini masih tinggi. Tingginya angka pengangguran ini menjadi salah satu penyumbang kemiskinan," katanya.

Setiap tahun, jumlah siswa lulusan setingkat SMK di Kabupaten Cirebon cukup banyak, ribuan anak-anak yang merupakan pekerja pemula ini juga menjadi perhatian, tidak hanya pemerintah daerah namun termasuk dunia industri.

"Saya mengapresiasi adanya upaya kerjasama antara sekolah dengan dunia industri. Kalau tidak ada kerjasama sudah dipastikan akan sangat sulit untuk menyelesaikan masalah pengangguran di Kabupaten Cirebon ini," katanya.

Pemkab Cirebon, tutur Ayu--sapaan untuknya, sudah melakukan berbagai upaya untuk meminimalisir pengangguran di Kabupaten Cirebon.

Salah satunya adalah penekanan kepada perusahaan yang melakukan investasi di Kabupaten Cirebon untuk lebih memperhatikan tenaga kerja lokal.

"Selain itu kami pemerintah juga sudah melakukan beberapa upaya salah satunya adalah dengan melakukan kegiatan Job Fair yang bekerjasama dengan beberapa perusahaan," katanya.

Penekanan terhadap perusahaan yang melakukan aktivitas di Kabupaten Cirebon dikatakan Ayu, sejauh ini sudah berjalan yakni 80 persen dari total kebutuhan tenaga kerja harus di isi oleh tenaga kerja lokal.

"Sisanya silahkan untuk mencari tenaga kerja dari luar Kabupaten Cirebon," katanya.

Ayu juga berpesan kepada pelajar khususnya yang akan menghadapi dunia kerja untuk lebih mengasah ketrampilan sebelum memasuki dunia kerja.

Selain itu juga pengetahuan juga sangat penting untuk calon tenaga kerja baru seperti anak-anak yang sekarang duduk dibangku kelas 12.

"Yang tidak kalah penting adalah sikap, sikap disini perlu ditanamkan sejak dini seperti sikap jujur dan semangat kerja sehingga pada akhirnya nanti calon tenaga kerja yang akan memasuki dunia industri akan lebih siap lagi," tambahnya. (zen)

Sumber: