Kota Cirebon Barometer Keamanan Nasional, Berawal dari Pesan Habib Luthfi bin Yahya

Kota Cirebon Barometer Keamanan Nasional, Berawal dari Pesan Habib Luthfi bin Yahya

Habib Muhamamad Luthfi bin Yahya dikawal Banser saat mengikuti Kirab Merah Putih di Kota Cirebon, Senin (6/3).--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Kirab Merah Putih di Cirebon hari ini diikuti kurang lebih 5.000 orang dari berbagai elemen.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Kota Cirebon Agus Sukmanjaya mengatakan, Kirab Merah Putih di Cirebon ini bermula dari pesan Habib Luthfi bin Yahya.

“Ya, hari ini adalah kegiatan Kirab Merah Putih dan Silaturahmi Kebangsaan. Jadi inisiasi kegiatan ini dari Habib Luthfi bin Yahya,” katanya.

Menurut Agus, pesan Habib Luthfi untuk menggelar Kirab Merah Putih ini disampaikan kepada Forkopimda Kota Cirebon dan Danrem 063 Sunang Gunung Jati.

Lebih lanjut, Agus mengatakan, Kota Cirebon merasa bangga dipilih oleh Habib Luthfi menjadi tuan rumah Kirab Merah Putih dan Silaturahmi Kebangsaan.

Menurut dia, Kota Udang merupakan barometer keamanan nasional.

“Dan kita ingin menunjukan kepada masyarakat Indonesia bahwa Cirebon sudah punya ikatan yang kuat. Dan kita semuanya juga dikemas dengan toleransi yang juga kuat,” ujarnya.

Agus menambahkan, lewat kegiatan hari ini, Cirebon juga ingin menyampaikan pesan positif untuk seluruh elemen bangsa.

Terutama dalam menghadapi gejolak menjelang tahun politik.

“Substansinya lebih kepada perekatan elemen bangsa. Kemudian momentumnya, kita tahun ini dan tahun depan memasuki tahun politik. Ya, sekalian sebagai bagian untuk penguatan itu,” ungkap Agus.

Peserta Kirab Merah Putih di Cirebon disebut mencapai 5.000 orang dari delapan Kabupaten.

Yakni, Kota dan Kabupaten Cirebon, kemudian Kabupaten Kuningan, Majalengka, Indramayu, Karawang, Subang dan Purwakarta.

“Jumlah peserta kirab sekitar 5.000. Mungkin ini masih bertambah,” katanya.

Pelaksanaan Kirab Mierah Putih ini dimulai dari Balaikota Cirebon kemudian finish di Stadion Utama Bima.
 
Menurut Agus, di Stadion Bima akan dilasakan Silaturahmi Kebangsaan dengan misi merekatkan seluruh elemen bangsa dipimpin oleh Habib Luthfi.

“Akan ada pembacaan ikrar kebangsaan dan ikrar NKRI (di Bima). Jadi ini adalah bagian penting dari demokratisasi, khususnya di wilayah Cirebon,” imbuh Agus Sukmajaya.

Informasi yang dihimpun radarcirebon.com, kirab dimulai pukul 09.00 sampai dengan 13.00 WIB.

Rute yang akan dilalui mulai dari Jl Siliwangi via Jl RA Kartini, Jl dr Cipto Mangunkusumo, Jl Pemuda, Jl Brigjen Dharsono dan berakhir di Stadion Bima.

Maulana Al Habib Muhammad Luthfi Bin Ali Bin Hasyim Bin Yahya, turut hadir dan memberikan Ceramah Kebangsaan di Stadion Bima.

Kapolres Cirebon Kota AKBP Ariek Indra Sentanu memonitor langsung penempatan personilnya di pos-pos yang sudah di tentukan.

AKBP Ariek mengatakan, kepolisian telah melaksanakan gladi bersih persiapan kirab budaya merah putih. (*)

Sumber: