Damkar Kota Cirebon Buktikan Prestasi di Tingkat Jabar, Langsung Diganjar Penghargaan

Damkar Kota Cirebon Buktikan Prestasi di Tingkat Jabar, Langsung Diganjar Penghargaan

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Rhuzanul Ulum menganugerahkan penghargaan kepada Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Cirebon, Adam Nuridin. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH--

RAKYATCIREBON.ID, KESAMBI - Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggelar puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-104 Pemadam Kebakaran tingkat Provinsi, di lapangan Gelanggang Generasi Muda (GGM) Majalengka.

Upacara peringatan HUT ke-104 Damkar untuk tingkat Jawa Barat dipimpin langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum yang bertindak sebagai Inspektur Upacara.

HUT ke-104 Damkar tahun 2023 ini menjadi momen spesial bagi Kota Cirebon, dimana Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Cirebon berhasil meraih penghargaan sebagai instansi dengan pencapaian standar pelayanan minimal, sub urusan kebakaran Tahun 2022, dengan Kategori Paripurna 100 Persen.

Penghargaan untuk Kota Cirebon, diserahkan langsung oleh Wagub Jabar, dan diterima oleh Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP), Adam Nuridin mewakili Walikota Cirebon.

Usai menerima penghargaan, Adam menyampaikan kebanggaannya, atas penghargaan yang diterima, pihaknya pun mendedikasikan penghargaan tersebut untuk Pemerintah, serta seluruh masyarakat Kota Cirebon, terkhusus untuk para personil yang sigap melaksanakan tugas, ditengah segala keterbatasan yang dialami DPKP selama ini.

"Penghargaan ini untuk masyarakat Kota Cirebon, utamanya juga untuk pegawai Damkar, yang telah memberikan segenap kemampuannya, untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat," ungkap Adam.

Diakui Adam, sampai saat ini, DPKP di Kota Cirebon, terus memaksimalkan kinerja, ditengah segala keterbatasan yang ada, mulai dari sarana dan prasarana saat ini yang kurang memadai, perkantoran hingga armada pemadam, sampai kondisi status kepegawaian para personil.

Namun hal ini, kata Adam, tidak menjadi halangan atau alasan menurunnya kinerja dinas yang dipimpinnya, bahkan selaku pimpinan, ia terus mencari formula, agar seluruh personil yang ada bisa tetap kompak menjalankan tugas.

"Alhamdulillah, kali ini kami meraih pengharagaan dari Gubernur Jawa Barat. Ini membuktikan, keterbatasan kami tidak menjadi halangan, tidak menjadi alasan untuk berprestasi," kata Adam.

Sementara dalam sambutannya Plh Gubernur itu, dalam sambutannya saat menjadi Irup upacara, Wakil Jawa Barat Uu Rhuzanul Ulum menyampaikan, peringatan HUT Ke-104 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan tahun ini membawa pesan kepada seluruh elemen bangsa Indonesia, untuk tetap menggalang solidaritas, jiwa patriot serta memperkuat pengabdian aparatur Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan di seluruh Indonesia.

Maka dari itu, sebagai perangkat daerah yang menjadi barisan terdepan dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat, khususnya dalam kondisi darurat, pemadam kebakaran telah menunjukkan dedikasi yang luar biasa, berkomitmen penuh dalam memberikan layanan kedaruratan bagi seluruh komponen warga Negara.

"Semangat dan ketangguhan itu lah yang kemudian akan mendorong masyarakat untuk terus tumbuh demi mewujudkan Indonesia maju, sejalan dengan visi misi pemadam kebakaran internasional, yakni To Prevent Fires, Safe Property and Lives melalui layanan pencegahan serta penanggulangan kebakaran dan penyelamatan yang dilakukan secara profesional dan terlatih," kata Uu. (sep)

Sumber: