Belajar Budidaya Perikanan, Pemuda Papua Datangi Indramayu

Belajar Budidaya Perikanan, Pemuda Papua Datangi Indramayu

KUNJUNGAN. Kepala Diskanla Kabupaten Indramayu Udi Umaedi menerima kunjungan dari pelopor tokoh pemuda Papua, Selasa (14/3). Tamu dari Papua ini juga mengunjungi tempat produsen olahan perikanan yakni kerupuk ikan Kota Mangga. FOTO: ANANG SYAHRONI/ RADAR --

RAKYATCIREBON.ID, INDRAMAYU-Sektor perikanan di Kabupaten Indramayu menjadi penyumbang terbesar produktivitas perikanan di Jawa Barat.

Wajar, jika Kabupaten Indramayu menjadi tempat studi tiru dari berbagai daerah. Atas prestasi itu, sektor perikanan di Indramayu jadi lokasi tiru dari luar daerah.

Bahkan, belum lama ini, Diskanla Indramayu kedatangan tamu dari pelopor tokoh pemuda Papua dan unsur pemerintahan setempat melakukan studi tiru terkait perikanan tangkap dan budi daya ikan, pengolahan hasil perikaan dan pembuatan pakan mandiri di Kabupaten Indramayu.

Kepala Diskanla Kabupaten Indramayu Edi Umaedi SP mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Indramayu menjadi kehormatan tersendiri bisa menjalin silaturahmi langsung dengan saudara dari Papua dalam upaya sama-sama mewujudkan kesejahteraan masyarakat khususnya bagi nelayan.

BACA JUGA: Ada Kuburan Massal dalam Penjara Kesambi, Punya Siapa? Tiap Tahun Ditaburi Bunga

Diterangkan Edi Umaedi, tamu dari Papua juga mengunjungi tempat produsen olahan perikanan yakni kerupuk ikan Kota Mangga.

“Selain studi tiru kegiatan perikanan tangkap, juga melihat langsung pengolahan hasil perikanan (kerupuk ikan) yang disinergiskan dengan budidaya perikanan memanfaatkan limbah olahan ikan,” terangnya.

Edi juga menjelaskan, bahwa nelayan Indramayu khususnya dari Desa Karangsong dalam mencari dan menangkap ikan juga hingga Perairan Papua dengan menempuh perjalanan yang tidak lama.

“Banyak nelayan Indramayu khususnya Desa Karangsong yang melakukan aktivitas penangkapan ikannya di sekitar Perairan Papua,” tambahnya.

Sehingga, lanjut Edi, Pemkab Indramayu akan selalu menerima tamu dari daerah manapun dalam melakukan studi tiru sebagai bentuk persaudaraan terlebih bersama-sama belajar bagaimana terus berupaya menyejahterakan para nelayan.

BACA JUGA: Uang Jaminan Sudah Masuk Negara, Al Jabbar Batal Menang Proyek

Dijelaskan Edi, berkat kepemimpinan Bupati Indramayu Nina Agustina melalui program yang digagasnya dalam visi Indramayu Bermartabat (Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur dan Hebat) dan Misi Sapta Nata Mulia Jaya telah memberikan manfaat kepada masyarakat khususnya menyasar kepada nelayan.

“Alhamdulillah Pemkab Indramayu melalui kebijakan Ibu Bupati 99 program prioritasnya sangat mendukung pembangunan perikanan. Terbukti dari 99 program, 14 program adalah untuk pembangunan perikanan dan kelautan,” ujarnya.

Sebelumnya Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Kabupaten Indramayu menerima kunjungan kerja (kunker) dari Diskanla Provinsi Jawa Timur dalam rangka studi tiru permodalan usaha penangkapan ikan bagi nelayan sebagai upaya peningkatan kesejahteraan nelayan. (oni)

Sumber: