Khusus Perempuan, Pendaftaran Bawaslu di Ciayumajakuning Diperpanjang

Khusus Perempuan, Pendaftaran Bawaslu di Ciayumajakuning Diperpanjang

Timsel Bawaslu Wilayah III Jawa Barat melakukan rapat, dan memutuskan memperpanjang pendaftaran untuk perempuan sampai tanggal 21 Juni. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH--

RAKYATCIREBON.ID, KEJAKSAN - Sesuai dengan jadwal tahapan, pendaftaran calon anggota Bawaslu, pendaftaran dibuka sampai tanggal 07 Juni lalu.

Namun, setelah tim seleksi menggelar rapat internal, Senin (12/06), dari kalkulasi pendaftaran, ternyata kuota pendaftar perempuan di lima daerah yang masuk garapan timsel wilayah III Jawa Barat, belum memenuhi angka sebagaimana ketentuan minimal 30 persen.

Untuk diketahui, selama pendaftaran dibuka, timsel menerima berkas dari 275 pendaftar, dengan rincian pendaftar untuk Kota Cirebon sebanyak 48 orang, terdiri dari 39 laki-laki dan 9 perempuan, pendaftar untuk Kabupaten Cirebon sebanyak 73 orang, terdiri dari 57 laki-laki dan 16 perempuan.

Pendaftar untuk Kabupaten Indramayu sebanyak 73 orang, terdiri dari 60 laki-laki dan 13 perempuan, pendaftar untuk Kabupaten Majalengka sebanyak 40 orang, terdiri dari 29 laki-laki dan 11 perempuan, serta pendaftar untuk Kabupaten Kuningan sebanyak 50 orang, terdiri dari 42 laki-laki dan 8 perempuan.

Dari angka tersebut, diketahui bahwa pendaftar perempuan untuk Kota Cirebon baru di angka 19 persen, untuk Kabupaten Cirebon baru 22 persen, untuk Kabupaten Indramayu baru 18 persen, untuk Kabupaten Majalengka baru 28 persen, dan untuk Kabupaten Kuningan baru 16 persen.

"Tahap pertama pengumpulan administrasi sudah selesai, tapi belum bisa kita putuskan, karena ada kekurangan kuota pendaftar perempuan. Untuk itu, pendaftaran untuk perempuan diperpanjang, mulai tanggal 13 Juni, sampai 21 Juni nanti, khusus untuk perempuan," demikian disampaikan Ketua Timsel Anggota Bawaslu Wilayah III Jawa Barat, Prof Dr Cecep Sumarna M Ag usai rapat.

Menurut ketentuan, kuota pendaftar perempuan itu dibatas angka minimal 30 persen dari jumlah pendaftar, dan lima daerah belum memenuhi itu.

"Harusnya 30 persen, jadi masih perlu penambahan. Kita berikan ruang kepada kaum perempuan, sehingga kami mengeluarkan keputusan baru. Kalau kuota laki-laki sudah terpenuhi," lanjut Cecep.

Untuk dari jumlah pendaftar secara keseluruhan sendiri, dijelaskan Cecep, secara angka jumlah pendaftar sudah memenuhi ketentuan, minimal delapan kali angka kebutuhan anggota Bawaslu di daerah.

"Dari segi jumlah, pendaftar sudah penuh. Untuk verifikasi, sebetulnya sudah langsung dilakukan setiap peserta datang, hanya belum punya waktu untuk mengumumkan karena menunggu kuota perempuan," jelas Cecep.

Setelah perpanjangan pendaftaran untuk perempuan ini, kata dia, nama-nama yang lulus tahap administrasi baru akan diumumkan melalui email dan website Bawaslu.

Pendaftar yang lulus, akan mengikut tahap selanjutnya, yakni tes tulis dengan metode Computer Assisted Tes (CAT), dan sebelum CAT, peserta diberikan tugas untuk membuat makalah personal terkait kepemiluan sebagai salahsatu syarat yang harus dipenuhi.

"Yang lulus administrasi, terus pantau email, untuk pemberitahuan melalui email, dan mereka harus buat makalah personal, panduan sudah ada. Untuk tempat CAT belum ditentukan, tapi tanggalnya di tanggal 26 sampai 28 Juni," kata Cecep.

Untuk diketahui, akibat masih kurangnya kuota perempuan, maka jadwal tahapan seleksi di wilayah III Jawa Barat pun berubah, jadwal CAT berubah jadi tanggal 26 Juni sampai 28 Juni, kemudian tes psikologi tanggal 30 Juni sampai 03 Juli, tes kesehatan tanggal 12 sampai 14 Juli, tes wawancara tanggal 17 sampai 21 Juli, dan pengumuman tes kesehatan dan wawancara tanggal 25 Juli. (sep)

Sumber: