Siapa yang Menjadi Bacawapres? Demokrat Sebut Sudah Ada Nama di Kantong Anies

Siapa yang Menjadi Bacawapres? Demokrat Sebut Sudah Ada Nama di Kantong Anies

Kepala Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra), dan juga Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra saat diwawancarai di Cirebon. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Menuju Pemilu, untuk Pileg dan Pilpres di bulan Februari 2024, tak kurang dari delapan bulan lagi.

Poros-poros koalisi yang sudah terbentuk, dan bahkan sudah mendeklarasikan sosok sebagai bakal calon presiden pun mulai menguatkan koalisinya, agar tak terganggu oleh cobaan-cobaan politik.

Saat ini, obrolan pun mulai bergeser, setelah muncul beberapa sosok bakal calon yang sudah dideklarasikan, obrolan politik mulai bergeser ke sosok kedua, yang digadang-gadang bakal mendampingi masing-masing bacapres.

Untuk di koalisi perubahan, yang sudah memastikan mantan Gubernur DKI, Anies Rasyid Baswedan sebagai bakal calon presiden yang akan diusung, Partai Demokrat, sebagai salahsatu partai didalamnya, mengatakan bahwa Anies Baswedan sudah mengantongi nama bakal calon wakil presiden yang akan mendampinginya.

"Update wapres, kita tunggu mas Anies, Partai Demokrat akan mengikuti apapun yang diputuskan oleh mas Anies. Sudah ada, kalau dari kita, yang bisa kita sampaikan, kita ikuti apapun yang menjadi keputusan mas Anies. Sudah ada namanya, sudah ada di kantong mas Anies, tinggal diumumkan," demikian disampaikan Kepala Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra), dan juga Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra saat diwawancarai di Cirebon.

Meskipun memastikan bahwa Anies sudah mengantongi nama bacawapresnya, Herzaky pun tidak membocorkan klu apapun, dan kembali menegaskan, bahwa informasi mengenai bacawapres akan disampaikan langsung oleh Anies.

"Kami, tidak bisa menyampaikan itu, karena itu adalah ranah Bacapres kami, mas Anies Baswedan," lanjut Herzaky.
Disoal apakah Demokrat setuju dengan nama bacawapres yang saat ini ada di kantong Anies, ditegaskan Herzaky, partai Demokrat akan memegang komitmen bersama di koalisi, sehingga, siapapun cawapresnya, maka Demokrat akan all out memenangkan Anies Baswedan.

Bagi Demokrat, kata Herzaky urusan cawapres dari Anies Baswedan yang diusung koalisi Perubahan, sudah tuntas, sehingga bagi koalisi perubahan, kenangan Anies Baswedan adalah harga mati, siapapun nanti bacawapresnya.

"Sesuai dengan komitmen, Demokrat akan komitmen, kami sudah tandatangan yang namanya Piagam Perubahan, di salahsatu isinya, menyerahkan sepenuhnya Bacawapres kepada mas Anies Baswedan, kita komitmen disitu, jadi apapun keputusan mas Anies, kita akan ikuti, dan kita akan perjuangkan," jelas Herzaky.

Bagi Demokrat, kata Herzaky

Sementara mengenai waktu, kapan Anies akan menyampaikan bacawapresnya ke publik, masih dimatakan Herzaky, saat ini koalisi perubahan masih menunggu momentum yang pas.

Namun sedikit bocoran disampaikan Herzaky, bahwa pada tanggal 16 Juli mendatang, partai NasDem akan menggelar  Apel Siaga yang merupakan agenda internal secara nasional di GBK, dan pada momen tersebut, Anies akan hadir, dan sangat dimungkinkan Anies akan memberikan spill mengenai sosok bacawapresnya.

"Waktunya, kita tunggu momentum yang pas, tapi tentu harapan kita tidak akan lama, ini sudah sebentar lagi, tinggal menunggu waktu saja, karena bagimanapun, ini waktu sudah kurang dari 8 bulan, kita ingin agar bisa ngegas. Sepertinya nanti tanggal 16 mas Anies akan ngasih klue," imbuh Herzaky. (sep)

Sumber: