Agustus 2023 Jokowi Resmikan 2 Proyek Sekaligus; Jalan Tol Cisumdawu dan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Agustus 2023 Jokowi Resmikan 2 Proyek Sekaligus;  Jalan Tol Cisumdawu dan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Terowongan di Jalan Tol Cisumdawu yang menjadi ikonik. --

RAKYATCIREBON.ID, MAJALENGKA - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi)  direncanakan akan membuka secara resmi jalan Tol Cisumdawu pada Agustus 2023.

Hal ini disampaikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil terkait progres pembangunan Tol Cisumdawu.

Menurutnya,  pembangunan jalan tol yang menghubungkan wilayah Bandung, Sumedang dan Majalengka dengan panjang 60,3 km sudah rampung dan akan segera diresmikan.

“Sudah beres, tinggal cari tanggal peresmian,” kata Ridwan Kamil di Bandung, dilansir dari JPNN.com, Jumat 7 Juli 2023.

Masih dalam bulan yang sama, tidak hanya Tol Cisumdawu, Presiden Jokowi juga akan meresmikan proyek Kereta Cepat Jakarta – Bandung (KCJB) di Stasiun Tegalluar, Gedebage, Kabupaten Bandung.

Namun, peresmian KCJB belum bisa dipastikan apakah dilakukan secara terpisah atau bersamaan.

“Ada dua infrastuktur besar yang dalam waktu bersamaan di Agustus, ada KCIC dan Cisumdawu. Tinggal apakah di dua peristiwakan atau di satu peristiwa kami enggak tahu. Itu level Presiden (yang meresmikan),” ujarnya.

Hingga saat ini, Ridwan Kamil itu pun masih menunggu informasi terkait jadwal pasti peresmian dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Masih menunggu Pak Menteri PUPR. Kalau nanya langsung biasanya saya mem-forward jawaban Kementerian PUPR, kami tunggu saja,” ungkapnya.

Sebelumnya, jalur fungsional di rus Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan (Cisumdawu) pernah diuji coba dan dibuka untuk kendaraan umum pada momen mudik Idul Fitri 1444 Hijriah, April lalu. (*)

Sumber: