Tol Cisumdawu Dibuka, Masyarakat Lebih Mudah Belanja Batik dan Kulineran di Cirebon

Tol Cisumdawu Dibuka, Masyarakat Lebih Mudah Belanja Batik dan Kulineran di Cirebon

PROSPEK CERAH. Dibukanya Tol Cisumdawu berpotensi membuka prospek cerah bagi masyarakat pantura yang tinggal di Subang, Majalengka, Indramayu, Kuningan dan Cirebon. Hal ini dilatari pembangunan sejumlah insfrastruktur ekonomi di kawasan tersebut. FOTO :--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Dibukanya Tol Cisumdawu berpotensi membuka prospek cerah bagi masyarakat pantura yang tinggal di  Subang, Majalengka, Indramayu, Kuningan dan Cirebon. Hal ini dilatari pembangunan sejumlah insfrastruktur ekonomi di kawasan tersebut.

Tol Cisumdawu bakal membawa dampak ekonomi yang cukup kuat. Karena tol ini membuat rantai pasokan ke kawasan Cirebon sampai Sumedang menjadi lebih singkat. Terlebih, adanya Tol Cisumdawu terhubung dan memangkas perjalanan dua kota besar, Bandung dan Jakarta.

"Keuntungan besar akan diraih masyarakat pantura yang tinggal di Subang, Kuningan, Indramayu, Cirebon dan Majalengka dengan adanya Tol Cisumdawu," ujar Pegiat Budaya Tionghoa asal Cirebon, Jeremy Huang.

Hal lain yang menjadi penguat ekonomi di sekitar Cirebon ialah rencana pemindahan seluruh rute penerbangan dari Bandara Husein Sastranegera, Bandung ke Bandara Kertajati, Majalengka.

Ditambah lagi, pengembangan Pelabuhan Patimban di Subang. Antara Bandara Kertajadi dan Pelabuhan Patimban masing-masing memberi dampak ekonomi yang cukup kuat.

"Penerbangan dipindah ke Kertajati dan akan adanya pelabuhan Internasional Patimban di Subang akan menghidupkan ekonomi masyarakat pantura mulai dari Subang, Majalengka, Indramayu, Kuningan dan Cirebon," katanya.

Dibukanua Tol Cisumdawu membuat rute perjalanan mudah dijangkau. Hal ini cepat akan menghidupkan ekonomi kreatif dan menghidupkan ekonomi kuliner di Kota Cirebon.

"Sehingga mereka dapat berbelanja batik dan belanja kuliner di kota Cirebon, Majalengka, Jatiwangi, Jamblang Kuningan dan Indramayu," katanya.

Menurut Jeremy, prospek ekonomi semakin cerah akan dapat mendatangkan turis mancanegara untuk berkunjung ke Cirebon, Majalengka, Kuningan, Subang, Indramayu. "Pabrik pabrik akan banyak dibuka di daerah tersebut kegiatan eksport import akan berjalan lancar," ucapnya.

Tinggal, kata Jeremy, keberuntungan itu akan datang, energi positif perekonomiannya akan berkembang pesat di Cirebon, Majalengka kuningan dan Indramayu. "Kota-kota ini akan jadi kota perdagangan dan industri yang ramai," pungkasnya. (wan)

Sumber: