Kabar Gembira untuk Masyarakat, Bantuan Rutilahu Naik, Disebar untuk Seluruh Kecamatan

Kabar Gembira untuk Masyarakat, Bantuan Rutilahu Naik, Disebar untuk Seluruh Kecamatan

Kadis DPKPP Kabupaten Cirebon, Adil Prayitno--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Pemerintah Kabupaten Cirebon melalui Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPKPP) sudah meningkatkan nilai stimulus untuk bantuan rumah tidak layak huni (Rutilahu). Nilai per unitnya diangka Rp20 juta. Itu berlaku mulai tahun 2023 ini, sampai 2024 nanti.

"Tahun sekarang sampai tahun 2024 nanti, nilai rutilahu per unitnya sama. Yaitu Rp20 juta," terang Kepala DPKPP Kab Cirebon, Ir H Adil Prayitno MT.

Ada peningkatan nilai. Jika ditahun-tahun sebelumnya, nilai per unitnya diangka Rp17,5 juta. Tapi ditahun ini lanjut Adil, ada penambahan nilai sebesar Rp2,5 juta. Ini merupakan langkah positif dalam memastikan bahwa masyarakat dapat memiliki akses ke perumahan layak huni.

Di tahun ini, APBD II sudah menganggarkan untuk ratusan unit. Tersebar di seluruh kecamatan se Kabupaten Cirebon. Tidak menumpuk di satu titik. Pengalokasian yang hampir merata di seluruh kecamatan ini, menunjukkan upaya pemerintah untuk memberikan dampak yang seimbang bagi masyarakat di berbagai wilayah.

Meskipun pengajuan pengembangan perumahan masih tinggi, prioritas saat ini adalah memastikan bahwa infrastruktur dasar juga mendapatkan perhatian yang memadai. "Persebarannya hampir merata ya, tidak difokuskan disatu atau dua kecamatan saja," katanya.

Keputusan untuk mengalokasikan dana ini menunjukkan komitmen pemerintah Kabupaten Cirebon dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui program perumahan yang lebih baik.

Kebutuhannya memang masih cukup banyak. Hampir setiap harinya pengajuan rutilahu itu menumpuk. Baik yang langsung ke DPKPP atau yang melalui jalur bupati.

"Ya untuk pengajuan sebetulnya banyak. Cuma karena keterbatasan anggaran, dan prioritas pembangunannya kan untuk infrastruktur. Tahun depan kita alokasikan hanya untuk 261 unit saja. Itu juga disebar, ke seluruh kecamatan," terangnya.

Adanya peningkatan nilai ini, menjadi kabar baik bagi masyarakat Kabupaten Cirebon, terutama bagi mereka yang betul-betul membutuhkan program rutilahu. Akan memberikan dampak positif dalam mengatasi masalah perumahan di daerah ini.

Salah satunya diakui salah seorang warga, Suryanto. Ia menyambut baik peningkatan nilai unit Rutilahu ini. "Ini adalah kabar yang menggembirakan bagi kami yang masih tinggal dalam kondisi rumah yang tidak layak. Bebannya sedikit terbantu," pungkasnya. (zen)

Sumber: