Simak! Tabel Angsuran KUR BRI Terbaru 2023, Plafon Rp500 Juta dan Pinjaman Tanpa Jaminan

Simak! Tabel Angsuran KUR BRI Terbaru 2023, Plafon Rp500 Juta dan Pinjaman Tanpa Jaminan

KUR BRI 2023 apa masih ada? Simak Tabel Angsuran KUR BRI 2023 PLAFON 500 Juta-rakyatcirebon-pikiranrakyatimage

RAKYATCIREBON.ID- Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bank Rakyat Indonesia (BRI) kini menjadi idola  masyarakat kecil dan menengah, khususnya pelaku UMKM.
 
Anda bisa memahami KUR BRI 2023 dengan informasi tabel di bawah ini, lihat pembayaran bulanan dan suku bunganya agar tidak menjadi masalah.
 
Simulasi kredit menjadi salah satu aspek yang perlu dicermati calon peminjam agar rencana cicilannya lancar.

Anda dapat mengirimkannya tanpa  jaminan. Batasan yang ditawarkan pun bervariasi mulai dari 1 juta, 5 juta, 25 juta, 50 juta, 100 juta hingga 500 juta. Sedangkan jangka waktu pinjaman yang diambil masing-masing nasabah antara 3-4 tahun, tergantung penggunaan kreditnya.

BACA JUGA:Peluang Baru Pelaku UMKM Dapat Biaya, Cek Syarat KUR BRI Sekarang!

BRI menawarkan tiga jenis KUR. Rinciannya adalah KUR Mikro Bank BRI, KUR Ritel Bank BRI dan KUR TKI Bank BRI.

A.  Mikro KUR
 
  KUR jenis pertama ini diberikan kepada pekerja, pengusaha, pedagang, petani atau nelayan. Besarannya maksimal Rp 25 juta per debitur. Jangka waktu (waktu) pengembalian pinjaman dapat disesuaikan dengan kemungkinan finansial, 1-5 tahun. Keunggulan KUR BRI Mikro jenis  ini adalah dapat disalurkan tanpa agunan/jaminan.

B.  Ritel KUR
 
 KUR Ritel diberikan kepada UKM sebagai modal usaha atau investasi dengan jumlah paling banyak 25-500 juta rubel. Jangka waktu pinjaman yang diberikan  kreditur kepada debitur adalah 4-5 tahun. Perbedaan KUR Mikro dan KUR Ritel  terletak pada cara pengajuan pinjamannya. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, KUR Mikro tidak memiliki jaminan sedangkan Ritel harus menggunakan penjaminan. Hal ini dikarenakan jumlah pinjaman pada KUR Ritel jauh lebih tinggi dibandingkan  Mikro. Jaminan atau jaminan yang dapat diberikan adalah sertifikat BPKB untuk rumah, tanah atau sepeda motor atau mobil.

  • Jumlah pinjaman maksimum ≥ Rp 25.000.000 - Rp 500.000.000 per peminjam
  • Jangka waktu pengembalian maksimal 4 tahun (untuk pinjaman modal kerja)

C. KUR TKI
 
 Yang terakhir adalah jenis KUR TKI, dimana pinjaman  cepat  diberikan kepada nasabah yang berstatus  calon TKI dan berinvestasi di negara penanaman modal. Maksimum pinjaman yang ditawarkan adalah Rp 25 juta. Jika pelunasannya 3 tahun atau sesuai kontrak kerja di negara magang.

  • Jumlah pinjaman maksimal ≥ Rp 25.000.000/debitur
  • Durasi pembayaran maksimal 3 tahun atau sesuai  kontrak kerja
  • Keamanan pinjaman (jaminan)  Sesuai dengan peraturan dan praktik perbankan yang relevan

BACA JUGA:CARA DAN SYARAT PENGAJUAN DAN PINJAMAN KUR BRI!

Tabel Angsuran KUR BRI 2023 Dengan Plafon 500 Juta

Berapa nilai bunga KUR BRI?  
Suku bunga KUR BRI selalu berubah sewaktu-waktu. Perubahan yang dilakukan pasti akan sangat bermanfaat bagi setiap pelanggan. Sebisa mungkin, dibandingkan  pinjaman  lain, dana KUR menerapkan suku bunga  paling rendah. Sehingga diharapkan dapat membantu pemerintah dalam meningkatkan perekonomian negara. Bank BRI telah menetapkan suku bunga  dana KUR  sejak pertama kali diluncurkan produk pinjaman ini. Suku bunga yang awalnya diterapkan adalah 9%. Namun banyak orang yang tidak bisa atau kurang tertarik. Oleh karena itu jumlahnya dikurangi menjadi 7, yang terbukti efektif pada tahun berikutnya. Kebijakan terakhir ya

BACA JUGA:Sah Jadi Bank Terbaik! Bank Mandiri Sabet Gelar Best Bank in Indonesia di 2023 versi Euromoney

Kelebihan KUR BR

  • Pengajuan KUR BRI dapat dilakukan secara fleksibel yaitu.
  • dapat dititipkan baik di cabang maupun di kantor  pusat BRI.
  • Mengajukan pinjaman itu mudah.
  • Transfer mudah  atau pembayaran sebagian.
  • Dana pinjaman instan.
  • Grtais dari biaya administrasi

Kekurangan KUR BRI

 Banyak sekali di desa-desa yang berlatar belakang petani atau pedagang  yang memiliki bank KUR di  BRI sebagai solusi untuk mendapatkan modal pengembangan usaha. Banyak dari mereka yang kecewa dengan proses pembayaran yang diberikan. Ini bukan tentang seberapa cepat atau lambatnya, ini lebih tentang jumlah yang Anda bayarkan. Seperti yang kita ketahui bersama, jika meminjam 5 juta, dana yang dibayarkan biasanya tidak sebanyak 5 juta penuh. Untuk KUR BRI, dana yang disalurkan biasanya 80-90% dari dana yang disalurkan.(*)

Sumber: pinjaman.smart