Cara Menghilangkan Jerawat dengan Jeruk Nipis, Mau Dicampur Madu, Susu atau Delima?

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Jeruk Nipis, Mau Dicampur Madu, Susu atau Delima?

--

CIREBON, RAKYATCIREBON.ID - Banyak orang mengobati jerawat dengan jeruk nipis. Namun, belum ada penelitian yang membuktikan buah ini memiliki efek pengobatan jerawat yang efektif. Kulit Anda mungkin tidak mampu mentolerir keasaman berlebihan pada buah Jeruk Nipis ini. Mereka yang memiliki kulit sensitif akan mudah teriritasi.

Jika belum terbukti secara ilmiah, sebaiknya jangan gunakan buah ini untuk mengobati jerawat, apalagi saat dalam keadaan meradang. Alasannya karena adanya resiko kulit akan mengalami masalah yang tidak diinginkan.

Untuk mengurangi jerawat, sebaiknya konsultasikan saja ke dokter untuk mendapatkan perawatan kulit yang tepat. Meski belum sepenuhnya terbukti secara ilmiah, namun beberapa penelitian menunjukkan potensi Jeruk Nipis dalam mengurangi jerawat.

Berikut ini adalah beberapa cara yang aman untuk menghilangkan jerawat dengan menggunakan Jeruk Nipis :

1.    Jeruk Nipis dan Susu
Kedua bahan dapur ini berperan penting dalam menghilangkan bekas jerawat. Perasan Jeruk Nipis dan Susu merupakan dua bahan yang mampu menghilangkan flek di wajah.

Cara mengobati jerawat dengan menggunakan Jeruk Nipis dan Susu adalah dengan menambahkan perasan air Keruk Nipis ke dalam Susu yang sedang direbus. Setelah dingin, cuci muka dengan rebusan ini lalu boias. Lakukan sehari sekali untuk dapat melihat hasilnya.


BACA JUGA:Sederhana dan Murah, Inilah 3 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Merawat Kulit Wajah Secara Alami


2.    Jeruk Nipis dan Madu

Campuran Jeruk Nipis dan Madu mampu melembabkan kulit wajah terhidrasi dalam waktu yang lama dan memberikan antioksidan untuk meminimalkan kerusakan pada kulit. Dalam arti lain, campuran ini memiliki kemampuan untuk mendetoksifikasi wajah sehingga membantu menghilangkan bekas jerawat.

Oleskan setiap hari pada wajah untuk hasil yang optimal. Anda juga dapat menambahkan minyak zaitun untuk mendapatkan manfaat yang lebih banyak lagi.

3.    Jeruk Nipis dan Air
Jika Anda memiliki kulit yang sensitif, Anda tetap bisa menggunakan bahan Jeruk Nipis untuk menghilangkan bekas jerawat yang hinggap di wajah Anda.

Caranya dengan menyiapkan 1 sendok teh air Jeruk Nipis dan 1 sendok teh Air, lalu gunakan kapas atau cotton bud untuk mengoleskannya pada bekas jerawat. Penggunaan Air ini akan mengurangi kepekatan Jeruk Nipis yang biasanya tidak cocok untuk jenis kulit yang sensitif.

4.    Minum Jeruk Nipis
Minum air lemon atau jeruk nipis dapat membantu menghilangkan jerawat dengan cara mendetoksifikasi tubuh, antioksidan dari vitamin C dan memberikan kolagen pada kulit.

Caranya adalah dengan memeras Jeruk Nipis ke dalam gelas. Tambahkan air secukupnya lalu aduk rata. Minumlah saat bangun setelah 20-30 menit dalam keadaan belum menelan apapun. Lakukan cara ini secara rutin selama dua hingga tiga minggu. Kulit Anda akan menjadi lebih bersih dan cerah.


BACA JUGA:Mengatasi Bruntusan dengan Jeruk Nipis: Tips dan Trik Efektif


5.    Jeruk Nipis dan Delima
Jeruk Nipis dan Delima membantu mencegah timbulnya jerawat dengan membersihkan komedo dan mengeringkan jerawat. Caranya kupas buah Delima dan panggang dengan suhu 375 derajat selama 20-25 menit. Lalu biarkan dingin, setelah itu haluskan dengan blender.

Pindahkan ke mangkuk kecil, tambahkan 1 sendok teh jus Jeruk Nipis yang segar lalu aduk hingga terbentuk pasta. Oleskan pada kulit yang berjerawat dan noda pada wajah, kemudian biarkan mengering selama 20 menit setelah itu bilas dengan air dingin.(*)

Sumber: