Kamu Masih Percaya Pinjol? 10 Aplikasi Pinjaman Online Cepat Cair Terbaik, Bunga Rendah, Terdaftar di OJK

Kamu Masih Percaya Pinjol? 10 Aplikasi Pinjaman Online Cepat Cair Terbaik, Bunga Rendah, Terdaftar di OJK

Photos by Panya Sealim (istockphoto)--

Ajukan pinjaman hanya untuk kebutuhan yang penting

Anda harus tentukan dengan jelas tujuan dari pengajuan pinjaman Anda. Sebab, banyak orang yang menyalahgunakan aplikasi pinjaman online sehingga menjadi konsumtif dan akhirnya terjerat hutang.

Sebelum mengajukan pinjaman secara online, tentukan dulu kebutuhan hutang Anda. Apakah termasuk utang produktif, atau malah konsumtif?

Utang produktif adalah utang yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan, bukan keinginan. Misalnya untuk modal usaha dan bisnis, biaya kesehatan, pendidikan, dan lainnya.

Sedangkan utang konsumtif adalah hanya untuk memenuhi hasrat saja. Membeli barang yang seharusnya tidak perlu.

Perhatikan bunga, tenor, denda dan seluruh biaya tambahan yang dikenakan

Selanjutnya, perhatikan kembali besaran bunga yang dikenakan, karena banyak penyedia kredit online yang bunganya tak masuk akal.

OJK telah menetapkan bunga pinjaman untuk penyelenggara FinTech p2p lending adalah 0,8 persen/hari. Juga adanya ketentuan bahwa jumlah total biaya, biaya keterlambatan, dan
seluruh biaya lain maksimum 100% dari nilai prinsipal pinjaman. 

Contohnya, bila pinjam Rp1 juta, maka maksimum jumlah yang dikembalikan adalah Rp2 juta.

Selain itu, cek kembali biaya tambahan yang dikenakan. Aplikasi pinjaman online yang aman pastinya memaparkan seluruh besaran bunga dan biaya tambahan seperti biaya administrasi, biaya denda, dan biaya lainnya secara transparan, sebelum calon nasabah menyetujui pinjaman.

Hitung kemampuan finansial untuk membayar cicilan

Dari penghasilan perbulan, Anda harus menghitung kebutuhan perbulan berapa dan setiap bulannya sanggup bayar cicilan berapa?

Apabila beban utang telah melampaui batas cobalah untuk mempertimbangkan kembali keinginan untuk mengambil utang.

Itulah rekomendasi aplikasi pinjol cepat cair terpercaya dengan bunga paling rendah. Juga tips aman meminjam uang di aplikasi pinjol. Semoga bermanfaat! (*)

Sumber: