Ganjar-Mahfud Mendaftar ke KPU, Dokumen Sudah Dikirimkan Lebih Dulu Via Online

Ganjar-Mahfud Mendaftar ke KPU, Dokumen Sudah Dikirimkan Lebih Dulu Via Online

Ganjar Pranowo dan Mahfud MD mendaftar ke KPU, ditemani Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.--

RAKYATCIREBON.ID, JAKARTA - Sudah dua pasang bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden mendaftar ke KPU. Pasangan  Ganjar Pranowo dan Mahfud MD resmi daftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kamis, 19, Oktober 2023.

Ganjar Pranowo dan Mahfud MD secara resmi menyerahkan dokumen persyaratan kepada Ketua KPU, Hasyim Asy'ari.

“Mudah-mudahan menjadi awal legalitas terpenuhi. Saya dan Pak Mahfud melalui visi misi yang sudah disiapkan akan membawa Indonesia melaju lebih kencang lagi,” kata Ganjar Pranowo.

Menurut dia, KPU insya Allah paling netral dan bisa memberikan pelayanan terbaik. Sehingga pemilu di Indonesia dapat berjalan dengan jujur dan adil.

Di kesempatan yang sama, Ketua KPU, Hasyim Asy'ari menjelaskan, pada pendaftaran bacapres dan bacawapres adalah partai politik atau gabungan partai politik yang memiliki kewenangan mengajukan.

Sejauh ini, dari persyaratan yang diajukan dari bakal pasangan calon dapat dikatakan lengkap, sehingga tinggal melaju ke tahap verifikasi.

“Sudah kami periksa, untuk pasangan bakal calon yang didaftarkan pada hari ini, dinyatakan lengkap dokumennya,” katanya.

Langkah berikutnya, sambung dia, adalah verifikasi dan penelitian administrasi. Kategorinya sudah benar dan sah.

Sehingga bila nanti ada dokumen yang belum benar atau belum sah, masih dapat dilakukan perbaikan. "Setelah ini kami akan memberikan surat pengantar untuk pemeriksaan kesehatan," tuturnya.

Sedangkan untuk para bakal calon, selanjutkan akan mengikuti agenda pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan di di RSPAD Gatot Subroto, pada Minggu, 22, Oktober 2023.

"Semoga apa yang kita hajatkan dikabulkan Allah SWT. Sehingga semuanya diberikan kesehatan dan keselamatan," ungkapnya.

Pihaknya berharap, dari pemilu yang berintegritas ini akan muncul pemimpin yang dapat dilegitimasi.

Di tempat yang sama, Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri memohon doa kepada seluruh rakyat Indonesia atas pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

"Keduanya telah satu komitmen dalam menegakkan keadilan," tutur Megawati.

Ganjar Mahfud dikenal bersih dan jujur, juga memiliki kualitas. Kepada mereka berdua, harapan baru Indonesia diletakan.

Terkait dengan dokumen persyaratan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD sudah dikirimkan secara online lewat Aplikasi KPU.

Pada hari ini, penyerahan dokumen fisik diberikan secara langsung. Karena itu, Megawati mengaku berterima kasih atas kerjasama yang baik dengan KPU.

Seperti diketahui, sejauh ini sudah ada dua pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden yang mendaftarkan diri ke KPU.

Yakni pasangan Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo – Mahfud MD. Keduanya mendaftar hanya selang hitungan jam saja.

KPU sendiri, membuka pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden mulai tanggal 19 sampai dengan 25 Oktober 2023.(*)

Sumber: