Kadin dan Pelindo 2 Buka Akses Pengembangan Potensi Usaha Pelabuhan Cirebon

Kadin dan Pelindo 2 Buka Akses Pengembangan Potensi Usaha Pelabuhan Cirebon

KERJA SAMA. Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Cirebon meneken nota kesepahaman atau MoU dengan PT. Pelindo Regional 2 Cirebon, Jumat (20/10/2023). MoU ini jadi pengikat pengembangan kerja sama antar kedua pihak dalam pengembangan Pelabuhan Cirebon.--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Cirebon meneken nota kesepahaman atau MoU dengan PT. Pelindo Regional 2 Cirebon, Jumat (20/10/2023).

MoU ini jadi pengikat pengembangan kerja sama antar kedua pihak dalam pengembangan Pelabuhan Cirebon.

Penandatanganan MoU dipakukan oleh Ketua Kadin Kota Cirebon, Ismayasari dan General Manager PT. Pelindo Regional 2 Cirebon, Supardi disaksikan unsur dan jajaran kedua lembaga.

Ketua Kadin Kota Cirebon, Ismayasari  mengatakan, ada sejumlah sektor prioritas yang dapat dikerjasamakan Kadin dan Pelindo dalam pengembangan Pelabuhan Cirebon.

Antara lain bidang logistik aktivitas bongkar muat peti kemas, pemberdayaan UMKM pesisir, wisata kuliner dan wisata laut.

"Itu semua sudah kami lihat sebagai potensi yang dapat dikembangkan. Namun dalam perjalanannya, Kadin dan Pelindo akan membentuk tim bersama untuk merinci lebih lanjut," jelas Ismayasari.

Menurutnya, Kadin Kota Cirebon digawangi SDM yang mumpuni di bidang-bidang tersebut. Terutama yang paling ditonjolkan ialah bidang logistik. Karena bidang ini yang jadi prioritas pengembangan Pelabuhan Cirebon.

"Feasibility study nanti akan dibuat sesuai bidang- bidang. Tentunya ada skala prioritas itu peti kemas karena itu potensi yang dimilki Pelindo di bidang logistik," jelas Ismayasari.

Sementara itu, GM PT. Pelindo Region 2 Cirebon, Supardi menyambut baik inisiatif Kadin Kota Cirebon dalam pengembangan Pelabuhan Cirebon. Dia mengamini banyak hal yang dapat dikerjasamakan.

"Banyak yang bisa dikolaborasikan bersama. Minimum ada usaha baru yang bisa dikolaborasikan antara Pelindo cirebon dan Kadin ini," katanya.

Usaha baru yang dimaksud ialah yang belum dijalankan Pelindo Cirebon. Misalnya peti kemas, depot bahan bakar minyak (BBM), depot air bersih maupun potensi lainnya.

"Yang potensi aja yang belum dijalani oleh Pelindo. Tapi kita akan susun milestone besarnya dulu. Nanti dari situ banyak sekali cabang-cabang yang bisa dikerjasamakan," kata Supardi.

Usai pertemuan sekaligus penandatanganan MoU, baik Kadin Kota Cirebon maupun PT. Pelindo Regional 2 Cirebon bakal melakukan kajian internal untuk mematangkan kerja sama. (wan)

Sumber: