Ingin Perhatian dan Dukungan dari Pemerintah, Petambak Garam Didorong Berkoperasi

Ingin Perhatian dan Dukungan dari Pemerintah, Petambak Garam Didorong Berkoperasi

Kepala DKP Kabupaten Cirebon, Erus Rusmana didorong para petambak dapat berkoperasi. FOTO : IST/RAKYAT CIREBON --

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Petambak garam Kabupaten Cirebon didorong berkoperasi. Agar para petambak mudah mendapat perhatian pemerintah.

Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Cirebon mendorong mereka untuk berhimpun dalam koperasi.

Kepala DKP Kabupaten Cirebon, Erus Rusmana menyampaikan, pihaknya konsen di bidang kelautan dan perikanan. Di bidang kelautan, pihaknya juga memberikan perhatian di sektor garam.

"Kita memiliki wilayah pantai cukup panjang, sebagian masyarakatnya berprofesi sebagai petambak garam," kata Erus.

Ternyata kata Erus kualitas garam produksi petambak di Kabupaten Cirebon ini sangat bagus, dibanding garam dari daerah lain.

Penilaian kualitas garam yang sangat bagus di Kabupaten Cirebon tersebut, Erus dapatkan langsung dari para produsen penerima garam yang ada di daerahnya.

Namun kata Erus, tinggal bagaimana ke depan bisa diperluas hingga daerahnya mampu menghasilkan garam lebih banyak dengan kualitas yang sangat bagus pula.

"Karena banyak petambak garam ini yang masih perorangan. Yang kita dorong untuk berhimpun dalam koperasi, sehingga bisa mendapatkan dukungan bantuan dari pemerintah," katanya.

Para petambak garam yang sudah mau berkoperasi atau membuat kelompok petambak garam, mereka sering diguyur bantuan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

Di bidang perikanan, ada bidang tangkap. Yaitu nelayan dan bidang budidaya ikan. Salah satunya seperti yang ada di Desa Ambulu, Kecamatan Losari, Kabupaten Cirebon, tahun ini telah mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Menurut Iyus--sapaan akrabnya, sudah ada dua program yang berkaitan dengan perikanan. Yakni adanya bantuan untuk lima kelompok budidaya ikan bandeng. "Kemudian bantuan alat tangkap ramah lingkungan untuk nelayan," pungkasnya. (zen)

Sumber: