Mendekati AMJ Bupati, BKPSDM Bakal Gelar Rotasi Mutasi Jabatan

Mendekati AMJ Bupati, BKPSDM Bakal Gelar Rotasi Mutasi Jabatan

Sekretaris BKPSDM, Ade Nugroho menjelaskan akan menggelar rotasi mutasi jabatan menjelang berakhirnya AMJ Bupati.--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Pemkab Cirebon bakal segera menggelar mutasi jabatan. Setelah akhir masa jabatan (AMJ) Bupati Cirebon diketahui per 31 Desember 2023. Hanya saja, waktunya belum dapat dipastikan. Akan digelar diawal atau diakhir Desember. 

Pasalnya, masih ada ganjalan untuk mengeksekusinya. Oleh belum beresnya penyerapan anggaran dihampir semua SKPD. Alhasil, mutasi untuk eselon 3 dan 4 ini, kemungkinan besar menunggu penyerapan anggaran semua SKPD selesai. 

Demikian dikatakan Kepala BKPSDM Kabupaten Cirebon, Hendra Nirmala melalui Sekretaris BKPSDM, Ade Nugroho, Jumat 1 Desember. 

Asumsinya kata Ade, kalau mutasi digelar awal minggu ini, khawatir mengganggu kinerja beberapa Sekdis dan Kabid yang proses kegiatan dinasnya belum selesai. 

Hal itu karena, kemungkinan akan ada Sekdis baru yang masuk. Otomatis, akan ada juga pengisian Kabid-kabid dibawahnya. Kalau digelar sekarang, akan ada PPK yang diganti. Sementara pekerjaan mereka belum selesai. 

"Tidak mungkin diakhir anggaran tanggung jawabnya diberikan ke Kabid yang baru. Tanggung jawab kan masih di Kabid lama sampai penyerapan anggarannya selesai," katanya. 

Diapun memberikan bocoran, jumlah mutasi kali ini tidak sampai 100 pegawai. Namun kalau disatukan dengan fungsional, bisa lebih dari 100 ASN.

Namun kali ini, mutasi difokuskan kepada pengisian kekosongan jabatan. Tapi, bisa saja rotasi dilakukan kalau ditemukan pejabat yang tidak kompeten.

"Kali ini kami fokusnya kepada pengisian kekosongan jabatan. Ya otomatis ada pejabat yang awalnya Kabid naik menjadi Sekdis. Ini karena posisi Sekdisnya kosong," ungkapnya.

Tercatat ada empat posisi Sekdis di Pemkab Cirebon, yang mengalami kekosongan jabatan.

Posisinya lanjut Ade, ada di Dinas PUTR, Disnaker, DPKPP atau Kimrum dan Dinas Ketahanan Pangan. Otomatis, sebagai konsekuensi, jabatan dibawahnya setingkat Kabid juga kosong dan akan diisi oleh pejabat-pejabat baru.

"Kalau nama-nama pejabat yang akan mengisi kekosongan saya tidak bisa menyebutkan. Nanti tunggu saja pas pelaksanaan mutasi dilakukan," ucapnya.

Seperti diketahui, rencana mutasi dan bisa saja rotasi pejabat di Pemkab Cirebon akhir tahun ini, adalah yang terakhir dalam masa kepemimpinan Bupati Cirebon, Imron. Hal itu karena, jabatan Imron akan berakhir pada tanggal 31 Desember bulan ini. 

Kabarnya, kalau saja AMJ Imron berakhir pada bulan April 2024 sesuai dengan undang-undang pemilu, maka rotasi mutasi kabarnya akan digelar di awal tahun depan. (zen)

Sumber: