Sejumlah KA Kena Dampak Longsor di Daop Purwokerto

Sejumlah KA Kena Dampak Longsor di Daop Purwokerto

Penumpang menuju Purwokerto disediakan bis di Stasiun Cirebon karena jalur kesana tidak bisa dilalui KA akibat longsor di perlintasan Purwokerto - Prupuk.--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Perjalanan Kereta Api untuk jalur Cirebon - Purwokerto mengalami gangguan. Pasalnya, terjadi longsor di petak lintas antara stasiun Karanggandul - Karangsari di KM 340+100, tepatnya masuk di jalur perlintasan Purwokerto - Prupuk di Wilayah Daop 5 Purwokerto.

Kondisi longsor, yang dilaporkan terjadi pada Senin dini hari, sekitar pukul 01.00 WIB tersebut, menyebabkan jalur tidak dapat dilewati kereta dari kedua arah.

Bahkan, beberapa perjalanan rangkaian kereta dijadwalkan memutar lewat Semarang, dengan jalur yang lebih jauh, imbasnya juga dirasakan oleh penumpang KA di Cirebon.

Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Rokhmad Makin Zainul mengungkapkan, longsor yang menutupi seluruh bada jalur KA ini, diduga terjadi karena curah hujan yang tinggi.

"Longsor mengakibatkan jalur KA, baik hulu-hilir di wilayah tersebut untuk sementara tidak dapat dilintasi," ungkap Rokhmad.

Atas ketidaknyamanan tersebut, meskipuj longsor terjadi di wilayah daerah operasional lain, PT KAI Daop 3 Cirebon menyampaikan permohonan maaf.

Kondisi ini murni karena faktor alam, dimana gangguan perjalanan kereta api yang terdampak cuaca buruk dan menyebabkan jalur KA yang ada di wilayah Daop 5 Purwokerto sementara tidak dapat dilalui.

Sampai saat berita ini dibuat, kata Rokhmad, petugas KAI terus melakukan normalisasi di jalur yang tertimbun material longsor.

"Beberapa perjalanan kereta yang melintasi wilayah Daop 3 Cirebon dialihkan memutar," lanjut Rokhmad.

Sebagai langkah cepat atas situasi tersebut, untuk keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api, PT KAI Daop 3 Cirebon melakukan langkah berupa perubahan pola operasi perjalanan.

Sedikitnya, ada beberapa keberangkatan KA Daop 3 yang mengalami perubahan, diantaranya, KA Ranggajati, yang pada Senin pagi merubah rute perjalanan lewat Semarang - Gundih - Solo lanjut ke tujuan akhir Stasiun Jember.

KA dari Jakarta dengan tujuan Surabaya/Solo/Yogyakarta, sepeti KA Fajar Utama Solo,

KA Argo Semeru, dialihkan memutar lewat jalur utara Semarang - Gundih - Solo.

Serta KA dari Yogyakarta dengan tujuan Jakarta, memutar lewat Kroya - Bandung - Cikampek.

Sumber: