Tak Sampai Demo, DPRD Sudah Setujui DOB Cirebon Timur, Akhirnya Nadzar Gunduli Kepala

Tak Sampai Demo, DPRD Sudah Setujui DOB Cirebon Timur, Akhirnya Nadzar Gunduli Kepala

H Dade penuhi nadzar gunduli kepala jika DPRD setujui pembentukan DOB Cirebon Timur.--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON -- Aktivis Forum Cirebon Timur Mandiri (FCTM) memenuhi nadzarnya. Mencukur rambut kepalanya hingga plontos, usai DPRD menggelar Sidang Paripurna Persetujuan Bersama Daerah Otonomi Baru (DOB). 

Ia adalah Wakil Ketua FCTM, H Dade Mustofa. Usai paripurna, kepada Rakyat Cirebon, H Dade menyebutkan bahwa sebelum paripurna, sudah bernadzar dihadapan sesepuh FCTM. 

Ia bernadzar, melihat dinamika yang belakangan terjadi di DPRD. Pimpinannya kerap bermanuver, ketika membahas DOB Cirebon Timur. 

"Kan sebelumnya, disini (DPRD,red) sering bermanuver kalau membicarakan terkait perjuangan DOB. Sampai-sampai kita merencanakan untuk menggelar demo besar-besaran," katanya. 

Tapi, itu dilarang para Kiai. Tidak etis, kalau harus sampai turun aksi kejalan dengan membawa pasukan. Padahal, langkah itu gampang dilakukan, meski harus menurunkan 14 ribu pasukan sekalipun, untuk menggeruduk kantor DPRD. 

"Itu dilarang para sesepuh. Kami menghormati itu. Makanya, tadi pagi saya sampaikan, sudah bernadzar. Kalau paripurna ini tidak disetujui, saya akan lemparkan sepatu (diruang paripurna,red). Kalau disetujui, saya dibotak," katanya. 

Rupanya, DPRD pun memenuhi tugasnya, menuntaskan Rapat Paripurna Persetujuan Bersama Daerah Otonomi Baru (DOB). Bahkan, Ketua DPRD, HM Luthfi MSi sendiri yang memimpin langsung jalannya paripurna. 

"Makanya, sekarang saya memenuhi nadzar saya. Plontoskan kepala. Langsung oleh Ketua FCTM, KH Usama Mansyur yang memotong rambut," pungkasnya. 

Sebelumnya, Ketua DPRD Kabupaten Cirebon, HM Luthfi MSi saat memimpin Paripurna, membacakan naskah pembentukan persiapan DOB Cirebon Timur.

Ada 169 desa dari 16 kecamatan yang masuk untuk DOB Cirtim. Serta saluran irigasi sebagai batas wilayah yang nantinya jadi DOB Cirtim.

"Nama DOB Kabupaten Cirebon Timur. Lokasi ibu kota di Karangwareng," katanya. 

Setelah dilakukan persetujuan bersama, pihaknya meminta Pemkab Cirebon segara melakukan administrasi dan langkah-langkah pembentukan DOB Kabupaten Cirebon Timur. 

"Pemda Kabupaten Cirebon segera melanjutkan administrasi serta hal-hal strategis dan memasukan RPJMD Kabupaten Cirebon," tuturnya. 

Diluar itu, Forum Cirebon Timur Mandiri, langsung menggelar sujud syukur, usai DPRD Kabupaten Cirebon menyelesaikan paripurna Persetujuan Bersama Daerah Otonomi Baru (DOB).

Sumber: