University of Poitiers Perancis Bantu UGJ Tingkatkan Kapasitas SDM

University of Poitiers Perancis Bantu UGJ Tingkatkan Kapasitas SDM

KERJA SAMA. KERJA SAMA. UGJ dan University of Poitiers jalin kerja sama pengembangan kapasitas SDM melalui pertukaran mahasiswa dan program beasiswa Erasmus+. FOTO : SUWANDI/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - University of Poitiers Perancis bantu Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) dalam peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM).

Hal itu ditegaskan dalam kunjungan Perwakilan University of Poitiers Belly Marlene ke UGJ beberapa waktu lalu. Dua agenda strategis di gelar antara kedua universitas.

Wakil Dekan III Fakultas Kedokteran (FK) UGJ, dr M Fariz Mavi Zam Zam Zein SpPD membenarkan ada dua hal pokok kerja sama antara UGJ dan University of Poitiers.

Pertama ialah pengembangan kerja sama dengan FK UGJ. Berkaitan dengan pertukaran mahasiswa hingga visiting professor baik dari UGJ ke University of Poitiers maupun sebaliknya.

"Pertama pengembangan kerja sama dari yang sebelumnya sudah berjalan. Yakni dengan FK ada student exchange. Ke depan akan melanjutkan pengiriman mahasiswa," jelas Fariz.

Kedua ialah melanjutkan kerja sama beasiswa Erasmus+. Fariz senang karena UGJ kembali terpilih menjadi mitra University of Poitiers dalam program tersebut.

"Pengembangan kerja sama dengan universitas dalam hal skema pengampuan program Erasmus+. Dan Alhamdulillah UGJ mendapat kesmepatan untuk menjadi mitra University of Poitiers dalam Erasmus+," tambahnya.

Kedua program kerja sama University of Poitiers baik dengan FK UGJ maupun dengan UGJ  secara kelembagaan diharapkan meningkatkan kapasitas SDM, terutama di pihak UGJ.

"Memfasilitasi program kapabilitas SDM mahasiswa, dosen dan bahkan bisa mengahdirkan profesor dari University of Poitiers atau sebaliknya," katanya.

"Untuk mahasiswa dan dosen memungkinkan untuk pertukaran baik dalam pendidikan dan dalam konteks pengayaan lainnya," sambung Fariz. (wan)

Sumber: