Populer Belum Tentu Favorit, Lihat Siapa Capres yang Lebih Populer dan Siapa yang Paling Favorit

Populer Belum Tentu Favorit, Lihat Siapa Capres yang Lebih Populer dan Siapa yang Paling Favorit

--

RAKYATCIREBON.ID, JAKARTA— Pendiri Drone Emprit, Ismail Fahmi membagikan data popularitas Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) di media online dan media sosial.

Hasilnya, popularitas tertinggi diduduki Prabowo Subianto, lalu Anies Baswedan kemudian Ganjar Pranowo. Disusul Gibran Rakabuming Raka, Muhaimin Iskandar kemudian Mahfud MD.

“Prabowo menjadi tokoh dengan popularitas tertinggi, disusul oleh Anies dan Ganjar. D isisi lain, Mahfud MD dan Muhaimin Iskandar menjadi yang paling minim popularitasnya,” kata Ismail Fahmi dikutip dari unggahannya di X, Jumat (22/12/2023).

Jika diklasifikasikan, pada media sosial dan media online, Prabowo juga mengungguli kandidat lainnya. Bahkan berkali-kali lipat dari yang paling minimum.

“Pada media online, Prabowo menjadi tokoh yang paling banyak diberitakan dengan 42.867 mention, disusul Ganjar dengan 33.302 mention dan Anies dengan 29.006 mention,” jelasnya.

“Pada media sosial, Prabowo menjadi tokoh yang paling banyak diperbincangkan dengan 759.763 mention, disusul Anies dengan 728.349 mention dan Ganjar dengan 474.537 mention,” tambahnya.

Meski begitu, favorabilitasnya berbeda dengan popularitas. Ganjar yang urutan ketiga pada popularitas, menempati urutan pertama dalam favorabilitas.

“Ganjar menjadi tokoh yang paling banyak dibahas dalam nada positif 70% sentimen positif. Posisi kedua ditempati oleh Muhaimin dengan 69% sentimen positif. Kemudian diikuti oleh Mahfud MD miliki 65% sentimen positif,” terangnya.

Sementara itu, sentimen negatif paling banyak mengarah pada Gibran. Cawapres dari Prabowo.

“Adapun tokoh yang banyak dibahas dalam nada negatif adalah Gibran Rakabuming R. dengan 34% sentimen negatif. Diikuti oleh Prabowo dengan 27% sentimen negatif. Sedang Anies dengan 26% sentimen negatif,” tandasnya.(Arya/Fajar)

Sumber: