BI Cirebon Catat Ekonomi Ciayumajakuning Tumbuh Positif

BI Cirebon Catat Ekonomi Ciayumajakuning Tumbuh Positif

JELASKAN. Kepala KPw BI Cirebon, Hestu Wibowo mengatakan, pertumbuhan ekonomi Ciayumajakuning tumbuh resilien dengan petumbuhan ekonomi Jawa Barat dan nasional. FOTO : SUWANDI/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Cirebon mencatat pertumbuhan ekonomi Ciayumajakuning pada tahun 2023 melaju ke tren positif.

Berdasarkan perhitungan, pertumbuhan ekonomi Ciayumajakuning bakal ditutup dengan angka 3,5 sampai 4,3% di penghujung tahun 2023. Hal ditunjang sejumlah faktor.

Kepala KPw BI Cirebon, Hestu Wibowo mengatakan, pertumbuhan ekonomi Ciayumajakuning tumbuh resilien dengan petumbuhan ekonomi Jawa Barat dan nasional.

"Yang tentunya ditopang oleh masih kuatnya permintaan domestik. Disamping juga karena tadi meningkatnya mobilitas masyarakat yang ditunjang oleh kinerja investasi juga positif," jelas Hestu.

Yang tak kalah menarik, kata Hestu, optimisme konsumen juga menunjukan tren positif. "Optimisme masyarakat khususnya dari pelaku usaha maupun konsumen bahwa untuk Ciayumajakuning konsumen atau masyarakat masih punya optimisme," jelasnya.

Atas kinerja yang baik itu, Hestu pun optimis pada tahun 2024, ekonomi Ciayymajakuning juga melaju positif. Diperkirakan, kata dia, mencapai angka 4,7 sampai 5,5%.

Ada sejumlah alasan yang memperkuat tumbuhnya ekonomi Ciayumajakuning di tahun 2024. Antara lain penyesuaian upah minimum dan kenaikan gaji ASN,
TNI dan Polri.

Kemudian pemberian insentif PPN DTP untuk pembelian rumah berpotensi memberikan multiplier effect yang besar.
Lalu potensi peningkatan mobilitas sejalan dengan beroperasinya BIJB Kertajati dan Tol Cisumdawu.

Juga ditunjang oleh berlanjutnya pembangunan Proyek Strategis Nasional seperti pipa gas Cirebon-Semarang, berbagai bendungan, dan kawasan industri baru.

Ada pula omitmen investasi swasta yang bersifat multiyears serta pengembangan ekonomi kerakyatan yang semakin terakselerasi. (wan)

Sumber: