7.182 Anggota KPPS di Kota Cirebon Siap Bertugas, Tugas Pertama Penguatan Internal

7.182 Anggota KPPS di Kota Cirebon Siap Bertugas, Tugas Pertama Penguatan Internal

Ratusan anggota KPPS di TPS Kelurahan Lemahwungkuk dilantik di jalan Kebumen, mereka dilantik serentak se-Indonesia, Kamis (25/01) pagi. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/ RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Serentak, Kamis tanggal 25 Januari 2024 kemarin, Komisi Pemilihan Umum (KPU) melantik jajaran penyelenggara Pemilu di tingkat paling bawah, yakni di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang bakal bertugas di TPS pada tanggal 14 Februari nanti, dilantik serentak di seluruh Indonesia tepat pukul 09.00 WIB.

Di Kota Cirebon, pantauan Rakyat Cirebon, para anggota KPPS di Kelurahan Lemahwungkuk dilantik di jalan Kebumen, tepatnya di depan SMPN 13 Kota Cirebon. Di Kelurahan tersebut, ada 26 TPS.

KPPS yang lainnya, dilantik di bebagai tempat berbeda, namun serentak dilantik di waktu yang sama.

Data yang berhasil dihimpun Rakyat Cirebon, menyebutkan bahwa untuk satu TPS, ada 7 anggota KPPS yang dilantik. Dengan demikian, dari 1.026 TPS yang ada, ada 7.182 petugas KPPS yang dilantik se-Kota Cirebon.

Terperinci, dari lima kecamatan yang ada, 1.029 petugas KPPS akan bertugas di 147 TPS yang ada di Kecamatan Kejaksan, 1.260 petugas KPPS dari 180 TPS di Kecamatan Lemahwungkuk, 2.562 petugas KPPS dari 366 TPS di

Kecamatan Harjamukti, 658 petugas KPPS dari 94 TPS di Kecamatan Pekalipan dan 1.673 petugas KPPS dari 239 TPS di Kecamatan Kesambi.

Ketua KPU Kota Cirebon, Mardeko mengungkapkan, setelah dilantik, 7.182 petugas KPPS akan langsung diberikan pembekalan oleh PPK dan PPS di masing-masing kewilayahan.

"Tiga hari, tanggal 26 sampai 28, petugas KPPS akan mengikuti Bimtek," ungkap Mardeko.

Mengenai masa kerja dari para anggota KPPS sendiri, disebutkan Mardeko, 7.182 anggota KPPS mulai bekerja terhitung sejak dilantik, dan akan memiliki masa kerja selama satu bulan, sampai tanggal 25 Februari mendatang.

Setelah diberikan pembekalan melalui bimtek, tugas pertama para anggota KPPS adalah melakukan penguatan-penguatan internal.

Mereka terus akan diberikan pengarahan, sehingga para anggota KPPS betul-betul memahani tugas pokok dan fungsi mereka sebagai penyelenggara Pemilu di tingkat paling bawah di TPS.

"Tugas pertama, kita arahkan ke penguatan internal. Mereka juga akan diperbantukan dalam tahapan Pemilu, seperti nanti ada pengepakan dan pengesetan logistik Pemilu, sebelum distribusi yang rencananya tanggal 8 Februari," kata Mardeko. (sep)

Sumber: