Pemkot Cirebon Tetapkan 8 Program Prioritas Pembangunan di tahun 2024

Pemkot Cirebon Tetapkan 8 Program Prioritas Pembangunan di tahun 2024

Perbaikan infrastruktur menjadi salahsatu program prioritas Pemkot Cirebon di tahun 2024--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Pemerintah Kota Cirebon menetapkan 8 program prioritas unggulan yang akan menjadi arah pembangunan di tahun 2024.

8 program prioritas Pemkot Cirebon yang sudah ditetapkan, adalah program yang merupakan turunan dari Rencana Pembangunan Daerah (RPD) tahun 2024-2026.

Sebagaimana diketahui, pada tahun 2024, garis besar pembangunan di Kota Cirebon tidak lagi akan menggunakan RPJMD 2018-2023, melainkan akan didasarkan pada Rencana Pembangunan Daerah (RPD) tahun 2024-2026.

Pada RPD 2024-2026, ada tujuh prioritas pembangunan yang sudah ditetapkan.

Tujuh point yang akan menjadi fokus, diantaranya adalah fokus penanggulangan kemiskinan, percepatan penurunan stunting dan penanggulangan AIDS, tuberkulosis, dan malaria (ATM), pemeretaan pembangunan infrastruktur dan peningkatan kualitas lingkungan, pemajuan kebudayaan dan pelestarian nilai sejarah, pemulihan dan penguatan ekonomi berkelanjutan, peningkatan profesionalisme ASN serta menjaga stabilitas politik di daerah.

Dari tujuh prioritas tersebut, ditambahkan satu program, yakni optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD).
Pj Walikota Cirebon, Drs H Agus Mulyadi MSi mengatakan, mewujudkan 8 program prioritas unggulan tersebut tentu tidak mudah, dimana akan banyak tantangan.

"Tantangan ke depan tentu tidaklah mudah. Selain agenda nasional seperti Pemilu 2024 juga harus diperhatikan kondisi alam yang memasuki musim penghujan," ungkap Agus.

Bukan hanya itu, disebutkan Agus, kondisi perekonomian masyarakat yang belum benar-benar pulih akibat pandemi Covid-19, juga menjadi tantangan tersendiri.

Namun dibalik semua tantangan tersebut, kata dia, Kota Cirebon memiliki beragam keunggulan, mulai dari kekayaan ragam budaya, kesenian hingga sejarah, yang mana keunggulan ini bisa menjadi point plus dalam mewujudkan 8 prioritas di tahun 2024 ini.

"Kita tidak bisa bekerja sendiri, perlu koordinasi dan kolaborasi semua stakeholder terkait di Kota Cirebon, sehingga program yang sudah direncanakan dapat tercapai dan berjalan dengan baik," kata Gusmul. (sep)

Sumber: