Korem 063/ SGJ Diganjar Penghargaan di Sektor Perbendaharaan

Korem 063/ SGJ Diganjar Penghargaan di Sektor Perbendaharaan

Kasi Operasi Korem 063/ SGJ, Letkol Inf Ertiko mewakili Danrem menerim penghargaan dari KPPN Cirebon. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/ RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Komando Resort Militer (Korem) 063/ SGJ mendapat penghargaan KPPN Cirebon Awards 2023.

Penghargaan tersebut, dianugerahkan kepada Satker Korem 063/ SGJ, karena berhasil meraih peringkat pertama kinerja pelaksanaan anggaran pada semester II tahun 2023, untuk kategori pagu DIPA diatas Rp200 Milyar.

Selain itu, Korem juga meraih peringkat pertama sebagai Satker terbaik dalam pelaksanaan laporan pertanggungjawaban bendahara pada semester yang sama, yakni semester II tahun 2023.

Penghargaan yang diberikan KPPN Cirebon ini, diberikan berdasarkan hasil penilaian terhadap Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA), dimana IKPA ini adalah indikator yang ditetapkan oleh Kementerian Keuangan.

Di dalam IKPA terdapat 12 indikator, mulai dari pengelolaan uang persediaan, data kontrak, kesalahan SPM, retur SP2D, halaman III DIPA, revisi DIPA, penyelesaian tagihan, rekon LPJ bendahara, perencanaan kas, penyerapan anggaran, dispensasi SPM hingga Pagu Minus.

Jajaran Korem 063/ SGJ menerima penghargaan kategori pagu Dipa diatas 200 Milyar sampai 600 Milyar sebagai peringkat pertama dengan predikat sangat baik, dalam hal pelaksanaan dan pelaporan.

Mewakili Danrem 063/ SGJ, penganugerahan KPPN Cirebon Awards 2023 yang digelar di Aula KPPN Cirebon, diberikan kepada Kasi Operasi Korem 063/ SGJ, Letkol Inf Ertiko.

Ertiko mengungkapkan, KPPN Cirebon sudah melaksanakan perannya sebagai Treasure atau perbendaharaan dengan baik, sebagaimana diamanahkan dalam UU Nomor 01 tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara.

"Kami memberikan apresiasi, KPPN Cirebon telah melaksanakan fungsinya dengan baik," kata Ertiko.

Sementara itu, Danrem 063/ SGJ, Kolonel Inf Andi Asmara Dewa, melalui Kapenrem 063/ SGJ, Mayor Cba Abdul Qodir mengatakan, penghargaan KPPN Cirebon Award 2023 yang berhasil diraih ini merupakan capaian yang membanggakan.

"Alhamdulillah, kinerja Korem 063/ SGJ di bidang perbendaharaan mendapatkan apresiasi, dengan adanya penghargaan dari KPPN, ini merupakan hasil kerja keras kita semua," ungkap Abdul Qodir.

Mengingat penghargaan ini merupakan hasil kerja keras bersama, ia pun menyampaikan terima kasih kepada para personel TNI di lingkungan Korem 063/ SGJ, yang sudah melaksanakan kinerja nya dengan maksimal, khususnya di sektor perbendaharaan dan pelaksanaan anggaran.

"Untuk itu, kami ucapkan terima kasih kepada seluruh Anggota Korem 063/ SGJ, semoga ini dapat menjadi penyemangat bagi Korem 063/ SGJ dalam meraih prestasi lebih baik kedepan," kata Abdul Qodir. (sep)

Sumber: