Ini Prediksi Jawara Jabar VIII, 7 Petahana Bertahan di Senayan

Ini Prediksi Jawara Jabar VIII, 7 Petahana Bertahan di Senayan

--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON – Meskipun proses rekapitulasi hasil Pemilu masih berjalan di tingkat PPK atau kecamatan, namun prediksi-prediksi perolehan, termasuk nama-nama yang bakal duduk di parlemen sudah mulai ramai menjadi perbincangan.

Meski belum resmi, karena tetap menungfu hasil penetapan KPU, prediksi-predikso tersebut tentu tidak bisa dianggap obrolan kosong, karena mereka yang memprediksi, memiliki modal form C-hasil dari masing-masing TPS.

Seperti untuk Pileg DPR-RI untuk dapil Jawa Barat VIII yang meliputi Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon dan Indramayu, diprediksi tujuh dari sembilan kursi akan kembali diisi oleh caleg petahana.

Tujuh anggota DPR-RI periode 2019-2024 dari Jabar VIII hampir dipastikan kembali melenggang ke Senayan untuk periode 2024-2029.

Prediksi itu, setidaknya sesuai dengan hasil rekapitulasi yang dilakukan Forum Muda untuk Demokrasi (Formud) Cirebon Raya, dimana rekap mereka lakukan dengan dasar form C-hasil dari TPS.

Koordinator Formud Cirebon Raya, Tri Sutrisno mengatakan, pihaknya ikut melakukan proses rekapitulasi perolehan suara calon anggota legislatif (caleg) DPR RI dari Dapil VIII Jabar.

Langkah itu sebagai upaya untuk mengawal proses demokrasi yang sedang berjalan.

"Kami melakukan rekapitulasi berdasarkan form model C hasil di tiap TPS. Sehingga diharapkan memiliki akurasi yang tinggi," ungkap Tri kepada Rakyat Cirebon.

Berdasarkan hasil rekapitulasi yang dilakukan pihaknya, dengan cakupan 91 persen TPS yang ada di Dapil Jabar VIII, komposisi caleg terpilih sudah bisa tergambar dengan sangat jelas.

Saat ini, hasil rekap memperlihatkan Partai Golkar masih menduduki peringkat pertama dengan perolehan 391.470 suara.

Kemudian peringkat kedua PDI Perjuangan mendapat 376.108 suara.

Disusul Partai Gerindra di posisi ketiga dengan perolehan 275.002 suara.

Pada posisi keempat, ada Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan perolehan 271.495 suara.

Selanjutnya, untuk posisi kelima ada Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dengan perolehan 152.459 suara.

Sumber: