5 Tips Pemilihan Posisi Rumah di Perumahan yang Tepat Sebelum Membeli Hunian

5 Tips Pemilihan Posisi Rumah di Perumahan yang Tepat Sebelum Membeli Hunian

Tips memilih posisi hunian rumah. Foto: Pinterest/rakyatcirebon.disway.id--

CIREBON, RAKYATCIREBON.DISWAY.ID - Jika Anda berencana untuk membeli hunian, penting untuk mengetahui kiat atau tips dalam memilih posisi rumah di perumahan agar sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan penghuni. 

Pemilihan posisi rumah memiliki dampak yang signifikan terhadap kenyamanan, aktivitas sehari-hari, kesehatan, dan bahkan perspektif investasi. 

Oleh karena itu, simak beberapa tips berikut sebagai panduan dalam memilih posisi rumah di perumahan yang ideal.

1. Hindari Membeli Rumah Tusuk Sate

Hindarilah membeli rumah yang dikenal sebagai "tusuk sate," yakni rumah yang berada di ujung persimpangan atau jalan lurus tanpa tikungan.

Meskipun banyak dipercayai berdasarkan mitos masyarakat Indonesia, bahwa rumah tusuk sate dapat membawa nasib sial dan mengganggu kesehatan, keputusan untuk menghindarinya sebaiknya dilakukan untuk kenyamanan keluarga.

2. Pertimbangkan Rumah Hook

Pertimbangkan untuk memilih rumah dengan posisi hook, yaitu rumah yang terletak di ujung ruas jalan perumahan. Rumah hook sering dianggap strategis karena memiliki lahan yang lebih luas dan terletak di ujung jalan, sehingga menjadi pilihan yang baik untuk investasi.

3. Perhatikan Arah Mata Angin

Pilih posisi rumah yang menghadap ke arah timur untuk mendapatkan sinar matahari secara langsung dan intens pada pagi hari.

Hunian yang mendapat suplai cahaya matahari yang baik tidak hanya dapat menghemat listrik, tetapi juga dianggap lebih sehat.

4. Pilih Rumah yang Dekat Gerbang Perumahan

Idealnya, pilih rumah yang mudah dijangkau, terutama dekat dengan gerbang perumahan. Rumah yang dekat dengan gerbang tidak hanya memberikan kemudahan akses, tetapi juga memiliki nilai jual yang tinggi.

5. Dekat dengan Fasilitas Umum

Sumber: