Dapil 3 dan 4 Prediksi Didominasi Petahana, Formud Sebut Hanya Dua Nama Baru

Dapil 3 dan 4 Prediksi Didominasi Petahana, Formud Sebut Hanya Dua Nama Baru

Forum Muda untuk Demokrasi (Formud) saat melakukan pemantauan rekapitulasi hasil Pemilu di Kecamatan Harjamukti. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/ RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Rekapitulasi hasil Pemilu di kecamatan di Kota Cirebon menuju babak akhir, persis hanya ada beberapa kecamatan saja yang masih berjalan, termasuk Kecamatan Harjamukti, sebagai kecamatan dengan DPT tertinggi.

Informasi yang berhasil dihimpun Rakyat Cirebon di lapangan, dua dapil yang ada di Kecamatan Harjamukti, untuk rekap dapil 4 yang terdiri dari Kelurahan Kalijaga dan Argasunya, Selasa sore sudah selesai 100 persen.

Namun, hasilnya belum bisa diplenokan, karena rekap dapil 3, yang terdiri dari Kelurahan Harjamukti, Kecapi dan Larangan, yang masih satu kesatuan di Kecamatan Harjamukti, prosesnya belum 100 persen.

Forum Muda untuk Demokrasi (Formud) Cirebon Raya, ikut turun memantau rekapitulasi di Kecamatan Harjamukti tersebut, dan bahkan, mereka sudah memiliki prediksi yang hampir memiliki ketepatan secara akurat, terkait dengan hasil Pemilu di Harjamukti.

"Untuk rekapitulasi di dapil 3, sudah 98 persen, tinggal beberapa TPS di Kelurahan Kalijaga dan Argasunya yang masih proses perhitungan, karena ada beberpa TPS yang harus di hitung ulang. Sedangkan di dapil 4, sore hari ini sudah 100 persen selesai proses perhitungannya," demikian disampaikan Koordinator Formud Cirebon Raya, Tri Sutrisno yang turun langsung melakukan pemantauan di lapangan.

Terkait dengan prediksi yang dirumuskan pihaknya, berdasarkan hasil pemantauan langsung, dan hasil rekapitulasi yang disepakati, dan sebagian tinggal menunggu penetapan, dari hasil konversi kursi yang diskema kan, 13 kursi di dua dapil di  Kecamatan Harjamukti, diprediksi bakal diduduki oleh dominasi petahana.

"Untuk dipil 3 dan 4, kami lihat masih tetap di dominasi pertahan," sebut Sutrisno.

Bahkan, ia merinci, hanya ada dua nama baru di dua dapil Kecamatan Harjamukti, satu nama di masing-masing dapil.

Jika prediksi Formud hanya ada dua nama baru, maka dari 13 kursi, otomatis ada 11 petahana yang kembali duduk di parlemen.

"Di dapil 3 dan 4 hanya 1 kursi untuk calon legislatif yang baru. Dapil 3 ada caleg dari partai Golkar, dan di dapil 4 ada caleg dari partai Nasdem," sebut Sutrisno.

Sementara itu, salahsatu petahana yang dari hasil rekap 100 persen dapil 4 dipastikan kembali lolos, Agung Supirno mengaku lega, seyelah rekapitulasi dapil 4 selesai 100 persen, dan menunggu dapil 3 untuk diplenokan di tingkat Kecamatan.

Dapil 4 sendiri terdiri dari Kelurahan Harjamukti dengan 64 TPS, Kelurahan Kecapi dengan 71 TPS dan kelurahan Larangan dengan 51 TPS, sehingga total keseluruhan, 186 TPS di dapil 4 Harjamukti sudah selesai direkap.

"Alhamdulillah rekapitulasi manual suara di dapil 4 telah selesai, dan Alhamdulillah untuk Golkar, bisa mengamankan 1 kursi, di internal, saya mendapatkan suara terbanyak dengan jumlah 2179 suara," ungkap Agung.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat di dapil 4 Harjamukti, yang sudah memberikan kepercayaan kepada Golkar untuk mengirimkan wakilnya dari dapil 4 Harjamukti.

Sumber: