Pengda INI Kabupaten Cirebon Gelar Diskusi Hukum dan Konferda

Pengda INI Kabupaten Cirebon Gelar Diskusi Hukum dan Konferda

KONFERDA. Pengda INI Kabupaten Cirebon menggelar Diskusi Hukum dan Konferensi Daerah (Koferda), Sabtu (2/3/2024) di Hall A Hotel Apita Cirebon. FOTO : SUWANDI/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Pengurus Daerah (Pengda) Ikatan Notaris Indonesia (INI) Kabupaten Cirebon menggelar Diskusi Hukum dan Konferensi Daerah (Koferda), Sabtu (2/3/2024) di Hall A Hotel Apita Cirebon.

Kegiatan tersebut menjadi momen para anggota untuk bersilaturahim, berbagi informasi mengenai hukum kenotariatan dan dipuncaki dengan pemilihan ketua baru Pengda dan Dewan Kehormatan Daerah (DKD) INI Kabupaten Cirebon.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Pengwil INI Jawa Barat Dr H Dhody A R Widjaja Atmaja SH MH, Dewan Kehormatan Wilayah (DKW) INI Jawa Barat Idris Abas SH MH serta para ketua Pengda INI se-Ciayumajakuning.

Ketua Pelaksana Konferda INI Kabupaten Cirebon, H Maman Sukiman SH MKn mengatakan, tema yang diusung pada Konferda tersebut ialah Merawat Kebersamaan dengan Kesabaran, Ketekunan dan Kesetiaan.

Konferda dihadiri lebih dari 70 persen anggota INI Kabupaten Cirebon. Sehingga prosesnya berjalan lancar tanpa skorsing karena dinilai memenuhi kuorum.

"Itu merupakakn bentuk kepedulian.  Memang di Kabupaten Cirebon ini notarisnya guyub sekalipun ada berbagai kepentingan yang lain. Tapi mereka tetap hadir. Jadi saya besyukur dan apresiasi kepada peserta Konferda yang hadir di sini," katanya.

Maman menambahkan, ada dua kandidat ketua Pengda baru yakni Dr Jaenudin Umar SE SH MKn sebagai incumbent dan Ramly Yusuf Angkat SH MKn.

Kemudian bakal calon DKD ada nama-nama antara lain Tapip Suganjar SH MKn, Dwi Kusnadar SH MKn dan Ahmad Nawawi SH MKn.

Teknis pemilihannya melalui serangkaian tahap yakni penjaringan bakal calon, verifikasi dan pengesahan oleh presidium, kemudian pemungutan suara.

"Yang boleh memilih adalah anggota aktif yaitu notaris beroperasi secara legal di Kabupaten Cirebon," katanya.

Maman berharap, siapapun yang terpilih diharapkan mampu membawa Pengda INI Kabupaten Cirebon semakin maju.

Dalam sambutannya, Ketua Pengwil INI Jawa Barat, Dr H Dhody A R Widjaja Atmaja SH MH mengatakan, Konferda merupakan agenda penting dalam perjalanan keorganisasian INI.

Melalui pesta demokrasi tiga tahunan ini, para peserta Konferda bakal menentukan Ketua Pengda INI Kabupaten Cirebon serta jajaran pengurusnya untuk periode 2023-2026.

Layaknya pesta demokrasi, Dhody berharap para peserta mengikuti Konferda dengan suka cita. "Karena ini pesta demokrasi kita," jelas dia.

Ketua Pengda INI Kabupaten Cirebon, Dr Jaenudin Umar SE SH MKn mengatakan,

"Tantangan notaris sementara ini berkaitan dengan teknologi terus notaris semakin banyak karena regulasinya dipermudah," katanya.

Sehingga makin meningkatkan persaingan antar notaris. "Artinya ada tantantan segmen pekerjaan semakin sempit sedangkan notarisnya banyak," katanya.

Sementara itu, Ketua Pengda INI Kabupaten Cirebon, Dr Jaenudin Umar SE SH MKn mengatakan, selama tiga tahun masa kepemimpinannya mampu menciptakan kondusivitas di tengah masyarakat.

"Alhamdulillah Cirebon aman dan nggak ada masalah apapun. Kalalu ada aduan dari masyarajat Alhamdulillah bisa dimediasi dengan baik," pungkas Jaenudin. (wan)

Sumber: