Dek Rumah Impian, Simak 8 Tips Desain yang Akan Membuat Tetangga Iri!

Dek Rumah Impian, Simak 8 Tips Desain yang Akan Membuat Tetangga Iri!

Rekoemendasi ide desain dek rumah minimalis. Foto: Pinterest/rakyatcirebon.disway.id--

CIREBON, RAKYATCIREBON.DISWAY.ID - Sebelum memulai petualangan merancang dek rumah, penting untuk memahami dengan jelas definisi dek agar tidak bingung dengan beranda atau teras. 

Meskipun secara bahasa, dek berarti geladak kapal, dalam konteks arsitektur, dek adalah area tanpa atap yang menempel pada dinding rumah, tanpa dinding layaknya teras, dan dapat menjadi ruang alternatif untuk berkumpul bersama keluarga.

Nah untuk membuat dek rumah yang tepat, anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini.

1. Buat Akses yang Mudah Dicapai

Meskipun dek menempel pada dinding rumah, akses menuju ke sana harus mudah dicapai. Pastikan dek yang difungsikan sebagai ruang makan outdoor memiliki pintu langsung ke dapur, sementara dek ruang duduk outdoor sebaiknya terhubung langsung ke ruang tamu dalam rumah.

2. Pastikan Tinggi Lantai Dek Sejajar dengan Rumah

Lantai dek yang sejajar dengan lantai rumah membuatnya terlihat lebih luas dan memudahkan penghuni untuk mengaksesnya.

Tinggi lantai dek minimal sebaiknya 10 centimeter dari permukaan halaman untuk mendefinisikan ruang dek, menempatkan kabel penerangan, dan drainase.

3. Pilih Material yang Awet dan Mudah Pemeliharaan

Material dek harus tahan cuaca karena terus terpapar elemen eksternal. Pilihan seperti Wood Plastic Composite (WPC) dapat memberikan tampilan kayu yang hangat tanpa perawatan intensif. Material lain yang umum digunakan termasuk beton, ubin, dan batuan.

4. Perhatikan Aspek Keselamatan

Dek dengan tinggi lebih dari 75 centimeter harus dilengkapi dengan pagar setinggi minimal 90 centimeter untuk keamanan. Pagar tidak hanya menjaga keselamatan, tetapi juga menambah nilai estetika dek.

5. Tambahkan Awning atau Pergola

Di daerah tropis seperti Indonesia, pergola atau awning dapat memberikan keteduhan yang diperlukan. Gunakan paranet atau payung taman portable jika tidak ingin struktur teduh permanen.

Sumber: