5 Cara Bijak Anak Kos Mengatur Keuangan Selama Bulan Ramadhan

5 Cara Bijak Anak Kos Mengatur Keuangan Selama Bulan Ramadhan

Tips hemat ala anak kos saat bulan ramadhan. Foto: Pinterest/rakyatcirebon.disway.id--

CIREBON, RAKYATCIREBON.DISWAY.ID - Umat muslim di Indonesia sebentar lagi akan menyambut datangnya bulan Ramadan.

Bagi anak kos, bulan Ramadan sering kali menjadi tantangan tersendiri. Jauh dari keluarga dan menjalani sahur sendirian atau bersama teman satu kos, mereka perlu mengatur pengeluaran dengan bijak agar tidak mengalami kesulitan keuangan selama sebulan penuh.

Berikut adalah 5 tips hemat yang patut dicoba oleh anak kos selama bulan Ramadan.

1. Buat Menu Makanan Selama Bulan Puasa

Cara hemat yang pertama adalah dengan membuat list menu makanan selama bulan puasa. Kebiasaan membeli makanan berlebihan saat berbuka puasa dapat membuat anggaran menjadi tidak terkendali. 

Untuk mengatasi hal ini, susunlah menu makanan yang mengenyangkan dan menyehatkan untuk buka puasa dan sahur. Hal ini akan membantu dalam mengestimasi biaya pengeluaran selama bulan puasa dan mencegah pemborosan.

2. Buatlah Buka Puasa Seperti Makan Malam Biasa

Kebiasaan membeli makanan berlebihan saat berbuka puasa dapat menjadi beban keuangan. Meskipun lapar setelah seharian berpuasa, hindarilah membeli makanan secara berlebihan.

Pilihlah menu makanan yang terjangkau dan tidak berbeda jauh dengan makan malam pada hari-hari biasa di luar bulan puasa.

3. Berburu Takjil Gratis

Berburu takjil gratis dapat menjadi cara hemat lainnya selama bulan puasa. Beberapa masjid atau kelompok masyarakat seringkali menawarkan takjil gratis di sepanjang jalan atau di area sekitar masjid.

Manfaatkan peluang ini untuk menghemat pengeluaran dan anggaplah takjil gratis sebagai rezeki yang diperoleh selama bulan puasa.

4. Kurangi Kegiatan Ngabuburit

Ngabuburit bersama teman-teman mungkin menjadi tradisi yang menyenangkan, tetapi bisa menjadi penyebab pengeluaran berlebihan.

Sumber: