Kiai Cirebon Dorong Syaiful Huda Jadi Cagub Jabar

Kiai Cirebon Dorong Syaiful Huda Jadi Cagub Jabar

BERCENGKRAMA, Pengasuh Pondok Pesantren BIMA, KH Imam Jazuli saat bercengkrama dengan Bupati Cirebon. Dia menilai Syaiful Huda layak dijadikan Calon Gubernur Jawa Barat. FOTO : IST/RAKYAT CIREBON--

CIREBON - Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Barat (Jabar), Syaiful Huda didorong menjadi calon gubernur (Cagub) Jabar. 

Itu disampaikan Pengasuh Pondok Pesantren Bina Insan Mulia (BIMA) Cirebon, KH Imam Jazuli. Menurutnya, dorongan itu, sebagai respon atas lonjakan suara PKB yang fantastis di Jabar. 

"Kang Huda (panggilan akrab Syaiful Huda, red), memang sosok yang sangat tepat untuk maju sebagai Cagub Jabar dari PKB pada 27 November 2024 nanti," kata Kiai Imam Jazuli, Rabu 20 Maret 2024.

Latarbelakang pernyataan itu, kata penulis buku Ngaku NU Wajib Ber-PKB, alasannya adalah prestasi dan kapasitas Syaiful Huda yang menjadi Ketua DPW PKB Jawa Barat.  

“Bayangkan, perolehan suara PKB di Jawa Barat melonjak luar biasa, melebihi rata-rata partai besar hingga menempatkan PKB menjadi tiga besar setelah Golkar dan Gerindra,” katanya.

Perolehan suara PKB di Jabar 2024 pun menjadi 2.876.973 suara. Artinya, naik sampai 1 juta suara dibanding 2019. Kenaikan suara PKB di DPR RI mencapai 980.103 suara, kenaikan  di DPRD Provinsi mencapai 957.528 suara, sedangkan kenaikan di tingkat DPRD Kab/Kota mencapai 1.086.841 suara.

Kenaikan suara tersebut, sangat signifikan, menaikkan kursi PKB di semua level. Dari 8 kursi di DPR RI 2019, kini menjadi 13 kursi. Dari 12 kursi DPRD Provinsi 2019, kini menjadi 15 kursi. Dari 121 kursi DPRD Kab/Kota 2019, kini menjadi 162 kursi. Di Jabar, PKB menjadi peringkat ke-5.

“Angka-angka di atas mengindikasikan bahwa kepemimpinan Kang Huda mencapai kinerja yang bagus di tengah iklim Pemilu 2024 yang diwarnai kepentingan pragmatisme politik uang. Terbukti, tidak semua masyarakat bisa dibeli suaranya dengan uang,” ungkapnya.

Angka-angka di atas juga membuktikan bahwa inisiatif dan kecintaan pemilih PKB tidak goyah oleh berbagai serangan yang ingin menjauhkan masyarakat Nahdliyin dari PKB.

Selain itu, kata dia, prestasi elektoral PKB di Jawa Barat kali ini perlu juga dimaknai sebagai apresiasi dan kepercayaan masyarakat Jawa Barat terhadap perjuangan PKB. Itu diwujudkan ke dalam suara. 

Respon terhadap apresiasi dan kepercayaan tersebut, maka PKB sudah sangat tepat untuk mengutus kader terbaiknya sebagai Cagub Jabar di 2024-2029.

“Pertimbangan lain, kapasitas Kang Huda yang telah berhasil meniti karier politik sebagai Anggota DPRD Jabar (2004-2009) dan Ketua Komis X DPR RI sejak 2019 adalah nilai plus yang telah memperkuat kompetensinya untuk mengurus rakyat dan kepemerintahan,” tuturnya. 

KH Imam Jazuli pun berharap agar kader PKB Jawa Barat menjadikan kesuksesan ini sebagai power untuk meraih kesuksesan berikutnya dan power untuk lebih berani lagi menghadapi berbagai halang rintang di lapangan. (zen)

Sumber: