Produk UMKM Kota Cirebon Ikut Mejeng di Store Uniqlo yang Baru Dibuka

Produk UMKM Kota Cirebon Ikut Mejeng di Store Uniqlo yang Baru Dibuka

UMKM SPACE. Pj Walikota Cirebon, Drs H Agus Mulyadi MSi menengok UMKM Space di gerai Uniqlo Cirebon, ada beberapa produk UMKM lokal yang ikut mejeng. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/ RAKYAT CIREBON--

CIREBON - Brand ternama asal negeri Sakura Jepang, resmi membuka gerai pertama nya di Kota Cirebon, Jumat (29/03).

Gerai Uniqlo, yang berada di Lower Ground CSB Mall tersebut, diresmikan langsung oleh Penjabat Walikota Cirebon, Drs H Agus Mulyadi Msi.

Gerai Uniqlo di Kota Cirebon sendiri, menjadi gerai ke-70 nya di seluruh Indonesia, dan menjadi toko kelima di wilayah Jawa Barat.

"Ini menjadi gerai kelima di Jawa Barat. Empat di Kota Bandung, dan satu di Kota Cirebon. Ini menunjukkan bahwa Kota Cirebon menjadi magnet investasi dan perdagangan di Jabar selain Bandung," ungkap Agus saat diwawancarai sejumlah awak media usai meresmikan.

Pemerintah daerah Kota Cirebon, dipastikan Agus, terbuka dan menyambut baik investasi yang masuk.

"Terima kasih atas investasi di Kota Cirebon, kita harus berikan ruang seluas-luasnya, untuk pengembangan ekonomi daerah. Ini menjadi dorongan untuk akselerasi kamajuan ekonomi kita," lanjut Agus.

Kehadiran gerai Uniqlo ini, kata Agus, didorong bukan hanya sekedar membuka destinasi belanja untuk masyarakat, melainkan juga ada kontribusi untuk mengangkat produk-produk kearifan lokal Cirebon.

Maka dari itu, salahsatu kolaborasi yang dibangun, kedua pihak bersepakat untuk bersama mengangkat produk-produk lokal, untuk ikut mejeng di gerai Uniqlo Cirebon.

"Mudah-mudahan kehadiran Uniqlo ini, selain membuka gerai yang pangsa pasarnya sudah ada, ada juga kolaborasi antara Uniqlo dengan kami Pemda, untuk pemajuan UMKM," kata Agus, yang didampingi Ketua Dekranasda Kota Cirebon tersebut.

Sementara itu, Coorporate Affairs Director Uniqlo Indonesia, Irma Yunita mengaku terkesan dengan antusias masyarakat di Cirebon, pada hari pertama pembukaan gerai Uniqlo.

"Kami senang sekali melihat antusiasme masyarakat di Cirebon. Ini toko pertama kami di Cirebon, dan toko kelima di Jawa Barat. Kami pilih momentum yanh tepat, menjelang hari raya, sehingga di hari pertama langsung diserbu," ujar Irma.

Di gerainya, lanjut Irma, Uniqlo juga menggandeng UMKM lokal, dengan menyediakan UMKM space, yang menjadi etalase bagi produk-produk UMKM lokal.

Ada sekitar 30 produk UMKM lokal yang dikurasi oleh pihak store, dimana enam diantaranya mendapatkan space mejeng di gerai Uniqlo.

Dari hasil kurasi, ada enam produk UMKM yang mejeng, diantaranya batik dan handicraft Cirebon Umae Tris, produk olahan kayu Gin Workshop, produk kerajinan fashion Riu.Id, Barokah Jaya Batik, tas anyaman ramah lingkungan Ithane Itha, dan Batik Swarna Alam.

Sumber: