Kolaborator Kebaikan.ID Gelar Pesantren Ramadhan di Pesisir Cangkol

Kolaborator Kebaikan.ID Gelar Pesantren Ramadhan di Pesisir Cangkol

PESANTREN RAMADHAN. Kolaborator Kebaikan.ID berkolaborasi dengan madrasah Bahrul Ilmi menggelar pesantren Ramadhan. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/ RAKYAT CIREBON--

CIREBON - Madrasah Bahrul Ilmi, merupakan madrasah yang baru hampir genap satu tahun beroperasi, dan menjadi satu-satunya madrasah di Pesisir Kota Cirebon yang sangat dekat dengan laut .

Merupakan madrasah yang menjadi mimpi sebagian masyarakat di sana untuk anak-anak di sekitarnya mau mempelajari ilmu agama dimulai dari kebiasaan baik yaitu mengaji.

Madrasah tersebut berkolaborasi bersama komunitas yang konsisten pada isu Pendidikan dan Sosial, dan sejak beberapa tahun lalu sudah eksis kembali memeriahkan Ramadhan dengan aksi serupa di tahun lalu yang berkonsep ala ala pesantren kilat.

Untuk kedua kalinya, Kolaborator Kebaikan.ID berkontribusi dan berperan aktif di masyarakat, khususnya masyarakat pesisir dengan mengadakan pesantren Ramadhan.

Pesantren Ramadan Pesisir atau disingkat menjadi PRP, digelar di Madrasah Bahrul Ilmi, Kelurahan Cangkol, Lemahwungkuk, Kota Cirebon pada 19-20 Ramadhan 1445H.

Berjalan selama dua hari satu malam, peserta yang pada kesempatan ini adalah anak-anak pesisir, baik dari anak-anak madrasah maupun luar madrasah yang mengikuti pembelajaran layaknya di pesantren.

K.H Abdurahman Wahid mendefinisikan pesantren secara teknis, dimana pesantren adalah tempat di mana santri tinggal.

Dengan menginap tidur, makan berbuka, sahur, dan belajar bersama, tentu anak-anak diajarkan untuk lebih disiplin dan lebih giat dalam menuntut ilmu untuk masa depan yang lebih baik, dan itulah yang dilakukan oleh kolaborasi Kebaikan.ID bersama madrasah Bahrul Ilmi.

Mengangkat tema "Berbagi Kebahagiaan, Merayakan Kebaikan", pesantren ramadhan ini menyasar pada anak-anak MI kelas 3 sampai 6 bahkan ada yang SMP.

Diwarnai dengan pematerian berbasis nonton bareng dan diskusi kelompok, diantaranya materi wudhu, sholat, dan yang baru tahun ini tajwid, dan diisi langsung oleh Ustadz setempat.

Kakak asuh dari Kolaborator Kebaikan.ID yang menyandang status Mahasiswa aktif di IAIN Syekh Nurjati Cirebon juga ikut memberikan pemahaman kepada peserta pesantren Ramadhan.

Salahsatu peserta Pesantren Ramadhan, Cathlin mengaku beruntung berkesempatab ikut dalam program Pesantren Ramadhan yang digelari Kolaborasi Kebailan.ID dengan madrasah Bahrul Ilmi.

"Seru, semoga bakal ada lagi tahun depan. Mudah-mudahan kakak-kakak sehat dan bisa ketemu lagi, terima kasih telah mengajar kami di sini," ungkap Cathlin

Sementara itu, Kepala Madrasah Bahrul Ilmi Asep, menyampaikan apresiasi kerjasama yang digagas komunitas para mahasiswa tersebut.

Sumber: