Sampai H+5 Lebaran 45 Persen Kendaraan Belum Balik ke Jakarta, Dishub Prediksikan 261 Ribu Balik Hari Ini

Sampai H+5 Lebaran 45 Persen Kendaraan Belum Balik ke Jakarta, Dishub Prediksikan 261 Ribu Balik Hari Ini

Sampai H+5 Senin (15/04) siang, arus balik yang didominasi kendaraan roda dua masih memadati ruas arteri Pantura, Kota Cirebon. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/ RAKYAT CIREBON --

CIREBON - Sampai pada H+5 Idul Fitri 1445 H, Senin tanggal 15 April 2024, diperkirakan baru setengahnya kendaraan-kendaraan yang pada musim mudik bergerak ke arah Jawa, kembali ke arah Jakarta pada musim arus balik kali ini.

 

Hal tersebut sebagaimana perkiraan berdasarkan perhitungan kendaraan yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cirebon, hingga Senin siang.

 

Dishub yang melakukan penghitungan kasar kendaraan di pos di jalan Bypass-Brigjen Dharsono memperkirakan, pada H+5 Senin, sebanyak 261.420 kendaraan dari Jawa bakal kembali ke arah Jakarta dengan melintasi ruas jalur arteri.

 

Sementara, berdasarkan penghitungan kasar saat arus mudik lalu, posko penghitungan mudik Dishub mencatat, kendaraan roda dua maupun roda empat yang bergerak di ruas arteri Kota Cirebon jumlahnya mencapai 581.483 kendaraan.

 

"Jadi masih ada sekitar 45 persen pemudik arus balik yang sampai siang ini belum kembali ke Jakarta. Kami perkirakan mereka mulai berangkat hari ini dan melaju di jalur arteri," demikian disampaikan Kabid Keselamatan dan Teknik Sarana Dishub Kota Cirebon Asep Sudrajat, Senin siang.

 

Dari jumlah kendaraan yang melintas saat mudik yang jumlahnya mencapai 581.483 kendaraan, Asep menyebut, baru sekitar 55 persen, atau sebanyak 320.063 kendaraan saja yang sudah kembali ke Jakarta, hingga prediksi puncak arus balik yang jatuh pada Minggu (14/04) kemarin.

 

Dengan demikian, dikatakan Asep, secara bertahap, hari Senin yang merupakan hari terakhir libur ini, sisa kendaraan yang datang dari wilayah Jawa itu mulai memasuki ruas arteri di Kota Cirebon, kemudian bergerak untuk kembali ke Jakarta.

 

"Saat ini kami akumulasikan, masih ada peningkatan di bawah 100.000 kendaraan, mungkin sekitar 80.000 sampai 90.000 unit yang akan mengarah ke Jakarta," jelas Asep.

 

Meskipun lonjakan kendaraan diprediksi akan terus terjadi, Dishub Kota Cirebon memastikan selama pemantauan, arus lalu lintas di ruas arteri masih ramai lancar, dan tidak terdapat antrean yang panjang dan cukup lama.

 

Ditambahkan Asep, petugas di Posko Dishub Kota Cirebon memantau serta menghitung volume kendaraan yang melintas untuk mendapatkan data terperinci terkait arus balik tahun ini.

 

Data jumlah kendaraan ini, akan dijadikan sebagai rujukan, guna menyiapkan kebijakan dalam menghadapi arus mudik dan balik Lebaran pada 2025 mendatang.

 

"Petugas kami masih berjaga untuk melakukan penghitungan secara manual, karena lonjakan kendaraan sampai H+5 Lebaran masih terjadi," imbuh Asep. (sep)

Sumber: