Sudah One Way Ditambah Contra Flow, Begini Penampakan Arus Balik ke Jakarta

Sudah One Way Ditambah Contra Flow, Begini Penampakan Arus Balik ke Jakarta

Penampakan kendaraan di Tol Jakarta Cikampek Km 59 saat diberlakukan contra flow. -Zaidanrizqulh - Tangkapan layar-rakyatcirebon.id

RAKYATCIREBON.ID - Beragam rekayasa lalu lintas diberlakukan dengan diskresi kepolisian untuk mencairkan kepadatan lalu lintas arus balik Lebaran 2024.

Hingga Senin, 15, April 2024, kepadatan masih terlihat di Jalan Tol Jakarta Cikampek. Bahkan setelah diberlakukan kombinasi rekayasa lalu lintas mulai dari one way, contra flow hingga ganjil genap.

Terpantau di Km 59 Tol Jakarta Cikampek, lalu lintas sudah diberlakukan contra flow 3 lajur untuk mengurai kepadatan lalu lintas. 

Sedangkan di Tol Cipali sudah diberlakukan one way mulai dari Km 414 GT Kalikangkung sampai Km 72.

BACA JUGA:Tak Hanya Batik! Pesona Wisata Sejarah Cirebon yang Memikat

Pemberlakuan one way ini, rencananya sampai dengan Senin, 15, April 2024 pukul 24.00 WIB. Namun apakah diperpanjang atau tidak, nantinya akan diputuskan Korlantas Polri.

Kepala Korlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan mengatakan, pada puncak arus mudik memang terdapat beberapa lokasi kepadatan.

Karena itu, diberlakukan contra flow untuk memecah kepadatan lalu lintas tersebut.

"Melihat traffic counting setelah menambah 1 lajur contra flow sebenarnya sudah memadai, tapi banyak kendaraan gangguan di jalur contra flow maupun di jalur Bandung arah Jakarta mengakibatkan kapasitas jalan terambil oleh kendaraan yang mogok," katanya.

BACA JUGA:Menyelami Jejak Bandung Tempo Dulu: Eksplor Wisata Sejarah yang Wajib Dikunjungi!

Kemudian banyak kendaraan parkir di baju jalan terutama setelah keluar dari Gerbang Tol Cikatama.

"Kita akan menambah tim urai, minta back up dari Polda Metro Jaya supaya menyisir kendaraan yang parkir di bahu jalan," tuturnya.

Kemudian dibuka Jakarta Cikampek Selatan untuk mengurangi beban arus lalu lintas di Km 66.

"Saya lihat dari Cileunyi masih cukup banyak juga arus lalu lintas ke Jakarta. Jadi diberlakukan beberapa diskresi," tuturnya.

Sumber: