Prof Kartimi Wakili IAIN Cirebon pada International Doctoral Supervision Bootcamp 2024 di Bali

Prof Kartimi Wakili IAIN Cirebon pada International Doctoral Supervision Bootcamp 2024 di Bali

WAKILI. Prof Dr Kartimi MPd, Guru Besar Pendidikan IPA IAIN Syekh Nurjati Cirebon berhasil lolos seleksi administrasi International Doctoral Supervision Bootcamp (IDSB) 2024 di Bali. FOTO : SUWANDI/RAKYAT CIREBON--

CIREBONProf Dr Kartimi MPd, Guru Besar Pendidikan IPA IAIN Syekh Nurjati Cirebon berhasil lolos seleksi administrasi International Doctoral Supervision Bootcamp (IDSB) 2024 di Bali.

Kegiatan yang dipusatkan di Swiss-Belhotel Tuban, Bali ini berlangsung dari Rabu sampai Sabtu (24-27/4/2024). Partisipasi Kartimi dalam kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian Asian Education Symposium (AES).

Di saat yang sama, IAIN Cirebon menjadi anggota konsorsium AES melalui keikutsertaan Kartimi. Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan Universitas Pakuan (UNPAK).

Kartimi menjelaskan tujuan IDSB untuk melatih supervisor atau pembimbing doktoral agar memiliki kemampuan yang kuat dalam membimbing tesis dan disertasi. Kartimi menekankan pentingnya peran supervisor dalam mencetak doktor yang berkualitas.

“Kalau kita ingin mencetak doktor yang tangguh, maka supervisornya harus tangguh terlebih dahulu,” kata Kartimi.

Dia menambahkan luaran dari kegiatan ini adalah untuk memperoleh sertifikat bagi para supervisor atau pembimbing doktoral internasional.

Sebab mereka akan memberikan pengakuan atas kemampuan dalam membimbing mahasiswa program doktoral.

Partisipasi Kartimi dalam IDSB 2024 menjadi bukti nyata komitmen IAIN Cirebon dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia.

Di lain sisi juga memperkuat jaringan internasional dalam bidang pendidikan. (wan)

Sumber: