Penambahan BTS 4G Pengaruhi Kinerja Positif Indosat di Kuartal I 2024

Penambahan BTS 4G Pengaruhi Kinerja Positif Indosat di Kuartal I 2024

KINERJA. Investasi infrastruktur jaringan yang dilakukan Indosat Ooredoo Hutchison berbuah manis. Pasalnya, kinerja Indosat tumbuh positif pada kuartal I 2024. FOTO : IST/RAKYAT CIREBON--

CIREBON – Investasi infrastruktur jaringan yang dilakukan Indosat Ooredoo Hutchison berbuah manis. Pasalnya, kinerja Indosat tumbuh positif pada kuartal I 2024. 

Di Jawa Barat, adanya penambahan BTS 4G lebih dari 15% berkontribusi meningkatkan trafik data sebesar 15,4% sepanjang kuartal I 2024. Artinya, layanan prima Indosat disambut positif pelanggan.

Dengan pertumbuhan positif di semua lini bisnis dan komitmen berkelanjutan untuk mengoptimalkan biaya, Indosat membukukan pencapaian solid dalam kinerja finansial dan operasional.

Khusus di wilayah Jawa Barat, Indosat mengalami pertumbuhan jumlah pelanggan menjadi lebih dari 10,6 juta pelanggan berkualitas dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. 

Pencapaian ini menunjukkan peningkatan jumlah masyarakat Jawa Barat yang menikmati layanan Indosat. Hingga saat ini, terdapat 17.400 BTS 4G khusus di wilayah Jawa Barat saja.

Indosat memperluas jangkauan jaringan dan meningkatkan kualitas layanan di pelosok pedesaan dengan terus berinovasi dan memperkuat infrastruktur telekomunikasi.

Guna memberikan pengalaman yang mengesankan bagi pelanggan, serta berkontribusi positif bagi pertumbuhan perekonomian dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di wilayah Jawa Barat.

Secara nasional, selama tiga bulan pertama tahun ini, Indosat mencatat total pendapatan sebesar Rp13.835 miliar, meningkat 15,8% dibandingkan tahun sebelumnya (YoY). 

Sementara itu, EBITDA tumbuh lebih cepat dari pendapatan, mencapai peningkatan 22,1% YoY menjadi Rp6.509 miliar. Kinerja keuangan yang cemerlang ini, mendorong peningkatan EBITDA Margin Indosat menjadi 47,0%.

Sekaligus menghasilkan Laba Periode Berjalan yang Dapat Diatribusikan kepada Pemilik Entitas Induk, sebesar Rp1.295 miliar, naik 39,4% dari tahun sebelumnya (Year-on-Year/YoY).

President Director and Chief Executive Officer (CEO) Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha, mengatakan, pencapaian kuartal pertama 2024 ini mencerminkan komitmen Indosat menciptakan nilai berkelanjutan bagi seluruh pemangku kepentingan.

"Kami terus meningkatkan jaringan kami untuk memastikan konektivitas yang lancar dan memberikan pengalaman yang mengesankan bagi pelanggan di seluruh Indonesia," katanya.

Dijelaskan Vikram, pada akhir kuartal I 2024, jumlah pelanggan Indosat meningkat 2,3% YoY, mencapai 100,8 juta pelanggan secara nasional. Pertumbuhan ini berkontribusi pada lonjakan trafik data sebesar 14,3% YoY menjadi 3.858 Petabytes (PB). 

Sementara, sepanjang kuartal I 2024, jumlah BTS 4G Indosat meningkat sebesar 20,8% YoY menjadi 184 ribu. Hal ini memastikan konektivitas yang lancar dan pengalaman pelanggan yang lebih baik bagi basis pengguna yang berkembang pesat.

Sumber: