Mayoritas Lulusan SMAN 7 Kota Cirebon Lanjut ke Perguruan Tinggi

Mayoritas Lulusan SMAN 7 Kota Cirebon Lanjut ke Perguruan Tinggi

LULUSAN. SMAN 7 Kota Cirebon memastikan tingkat kelulusan tahun ajaran 2023/2024 mencapai 100 persen. Bahkan, mayoritas lulusan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. FOTO : SUWANDI/RAKYAT CIREBON--

CIREBON - SMAN 7 Kota Cirebon memastikan tingkat kelulusan tahun ajaran 2023/2024 mencapai 100 persen. Bahkan, mayoritas lulusan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Kabar itu disampaikan Kepala SMAN 7 Kota Cirebon, Drs H Iman Setiawan MAg pada Tasyakuran Kelulusan kelas XII, Rabu (8/5/2024).

Di katakan Iman, tahun ini SMAN 7 Kota Cirebon meluluskan 393 siswa dari jurusan IPA dan IPS. "Yang kemarin telah diumumkan Alhamdulillah 100 persen angkatan 2023/2024 dinyatakan lulus semua," jelas Iman.

Menurutnya, setelah dinyatakan lulusan,  banyak dari mereka melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Yakni 96 siswa sudah dinyatakan diterima, 150 sedang ikuti UTBK, 50 siswa sedang ikuti UM PTKIN, 25 siswa sedang ikuti Simama Poltekes.

"Oleh karena itu, momen ini bukan pelepasan tapi tasyakuran karena kalian berhasil lulus dan sebagian besar melanjutkan ke perguruan tinggi," tambahnya.

Iman berpesan, setelah lulus diharapkan para siswa ini menjadi pribadi-pribadi yang penuh optimisme. "Jangan pesimis. Selalu optimis dimana pun kalian berada selalu otpmisi bahwa kita menjadi alumni SMAN 7," tegasnya.

Sementara itu, Pengawas/Pembina SMAN 7 Kota Cirebon, Jaja Atija MPdI memberi motivasi kepada para lulusan. Menurutnya, ada tiga fase yang harus dilewati untuk mencapai sukses. 

Pertama fase bersyukur artinya lulusan SMAN 7 Kota Cirebon harus bersyukur karena telah lulus dari sekolah. Kedua fase kompetitif yakni proses belajar di perguruan tinggi yang lebih ketat dan mandiri.

Setelah dua fase itu dilewati, maka fase selanjutnya ialah kesuksesa. "Proses inilah yang kalian tempuh. Dan saya berharap akan bertemu lagi dengan kalian ketika sudah sukses kelak," katanya.

Di tempat yang sama, Ketua Komite SMAN 7 Kota Cirebon, Hj Setiawati menyampaikan selamat kepada para alumni. Menurutnya, lulus dari SMA adalah fase pendewasaan. Dimana proses belajar ditempuh secara mandiri.

Oleh karena itu, dia berharap para lulusan mampu menggali potensi dirinya untuk diterapkan dalam hidup bermasyarakat maupun untuk dikembangkan di perguruan tinggi. (wan)

 

Sumber: