Desa Kubang Kembangkan River Tubing, Wisata Olahraga Menantang Dekat Pusat Keramaian Cirebon

Desa Kubang Kembangkan River Tubing, Wisata Olahraga Menantang Dekat Pusat Keramaian Cirebon

TUBING. Pemerintah Desa Kubang Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon melalui BUMDes Kubang Mandiri mengembangkan Kubang River Tubing, wahana wisata olahraga air menantang di akhir pekan. --

CIREBON - Pemerintah Desa Kubang Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon melalui BUMDes Kubang Mandiri mengembangkan Kubang River Tubing, wahana wisata olahraga air menantang di akhir pekan. 

Lokasinya mudah dijangkau dan dekat dari pusat keramaian Kota dan Kabupaten Cirebon. Yakni kurang dari 1 KM dari kantor Kuwu Desa Kubang.

Uji coba Kubang River Tubing dilakukan Sabtu (1/6/2024). Wahana wisata air ini memanfaatkan aliran Sungai Cipager yang melintasi lembah berbatu yang eksotik. Sehingga memiliki potensi dikembangkan sebagai kawasan wisata.

Kuwu Desa Kubang, Wawan Karyawan mengatakan, saat ini Kubang River Tubing hanya dibuka pada Sabtu dan Minggu. Tarifnya Rp30 ribu per orang. Sudah disediakan pelapung badan, helm pengaman dan satu ban dalam mobil jumbo.

Sekali bermain Kubang River Tubing menghabiskan total waktu 30 menit dengan panjang lintasan 350 meter. Wisatawan dapat merasakan sensasi menyusuri sungai berbatu dan bermain air sepuasnya.

Menariknya, di area Kubang River Tubing juga disediakan area parkir yang cukup luas. Sehingga cocok dijadikan altermatif wisata keluarga yang pastinya murah dikantong dan tidak jauh dari pusat keramaian Cirebon.

“Untuk sementara, Kubang River Tubing ini baru beroperasi hanya di hari Sabtu dan Minggu. Untuk biayanya hanya Rp 30 ribu per orang,” kata Wawan.

Tak cuma Kubang River Tubing, dijelaskan Wawan, BUMDES Kubang Mandiri juga berencana mengembangkan wahana lainnya. Antara lain camping ground, flying fox dan kolam renang di sekitarnya. 

Hal ini untuk menciptakan iklim pariwisata di Desa Kubang yang simultan. Sehingga misi Kubang menjadi desa yang mandiri dapat terwujud melalui optimalisasi potensi yang dimilki desa. 

Namun demikian, Wawan mengaku tak bisa bekerja sendiri dalam tahap perintisan tersebut. Oleh karena itu, pihaknya membuka peluang kerja sama bagi para calon investor yang tertarik mengembangkan usaha pariwisata di Desa Kubang.

Secara perlahan, fasilitas, sarana dan prasarana penunjang pariwisata di Desa Kubang bakal dibenahi. Mulai dari akses jalan, area sanitasi hingga area kuliner guna memenuhi kebutuhan wisatawan. 

“Untuk akses jalan saat ini hanya sementara. Ke depan kita akan membuat akses jalan ke lokasi yang lebih lebar dan membuat parkir yang bisa menampung bus,” terangnya.

Sementara itu, Camat Talun, Abdurrouf, SH MH mengatakan, hadirnya Kubang River Tubing menambah daftar wahana wisata yang berada di Talun. Hal itu sejalan dengan visi menjadikan Talun sebagai one stop tourism di Cirebon.

Pasalnya, Talun mempunyai banyak variasi destinasi wisata antara lain wisata kuliner, wisata budaya dan sejarah, wisata religi, wisata olahraga, wisata alam, wisata air hingga wisata edukasi. (wan)

Sumber: