Jelang PSU Semua Kekuatan Pengawas Diarahkan ke Kriyan Barat, Bawaslu RI Ikut Turun

Jelang PSU Semua Kekuatan Pengawas Diarahkan ke Kriyan Barat, Bawaslu RI Ikut Turun

Ketua Bawaslu Kota Cirebon, Devi Siti Sihatul Afiah melakukan pengawasan di sekitar lokasi TPS 062 Pegambiran, Jumat (28/06) sore. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/ RAKYAT CIREBON--

CIREBON - Menjelang pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 062 Pegambiran, Sabtu (29/06) besok, semua mata pengawas Pemilu diarahkan ke lokasi TPS di RW 17 Kriyan Barat.

 

Ketua Bawaslu Kota Cirebon, Devi Siti Sihatul Afiah mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan skema pengawasan untuk mengawasi pelaksanaan PSU.

 

Bahkan, pengawasan tak hanya akan dilakukan saat waktu pencoblosan sampai penghitungan.

 

BACA JUGA:Pilkada, Momen Menuju Kabupaten Cirebon Lebih Baik dan Berkualitas

 

"Pengawasan kita fokuskan di lokasi PSU. Sejak tadi pagi (Jumat pagi. Red) kita mulai patroli," ungkap Devi.

 

Dijelaskan Devi, untuk mengawal PSU, yang disinyalir potensi kerawanannya sangat tinggi ini, Bawaslu mengerahkan semua kekuatan pengawas, hingga badan adhoc yang sudah terbentuk untuk memelototi lokasi dan kawasan TPS 062 Pegambiran.

 

"Kita ada patroli Pengawasan, Bawaslu dan Panwaslu serta PKD se-Kota Cirebon sudah melakukan patroli sejak hari ini sampe besok, nonstop 24 jam," jelas Devi.

 

BACA JUGA:Kejaksaan Musnahkan Barang Bukti Narkotika dan 236.000 Batang Rokok Ilegal

 

Bahkan, tak hanya kekuatan pengawasan di daerah, disebutkan Devi, Bawaslu RI dan Bawaslu Provinsi pun turun untuk memastikan, pelaksanaan PSU yang menjadi perintah dari putusan MK, berjalan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

 

"Sejak pagi sudah mulai, sampe besok. Bawaslu Provinsi serta RI juga turun," kata Devi.

 

Sementara itu, Pj Walikota Cirebon, Drs H Agus Mulyadi MSi juga memastikan, Pemda dan Forkopimda akan ikut turun melakukan monitoring, mulai dari persiapan, hingga pelaksanaannya besok.

 

BACA JUGA:Wakil Rektor dan Dekan Lakukan Monitoring Hari Kedua Pelaksanaan SSE UM-PTKIN 2024

 

"Kami masih tunggu persiapan teknis dari KPU. Kemaren PUSS alhamdulillah lancar. Besok PSU, rencana kita dengan Forkopimda akan monitor. Besok pagi kita turun," ungkap Agus.

 

Pemkot, kata Agus, mempesilahkan KPU untuk formulasikan teknis secara matang, mana yang terbaik, yang terpenting semua sesuai dengan mekanisme.

 

Termasuk soal penempatan TPS, Pemkot juga mengharapkan bisa ditempatkan sesuai dengan aturan yang ada.

 

BACA JUGA:UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon Siap Sambut Mahasiswa Non-Muslim

 

"Saya berharap di lokasi yang sama, karena faktor mobilisasi pemilih juga harus dipertimbangkan. Nanti kita lihat. Camat lurah kita interuksikan monitor, membantu PPK dan membantu KPPS, fasilitasi apa yang dibutuhkan," kata Agus. (sep)

Sumber: