Kota Cirebon Siap Kirim Tenaga Kerja Terampil ke Jepang

Kota Cirebon Siap Kirim Tenaga Kerja Terampil ke Jepang

Pj Walikota Cirebon, Drs H Agus Mulyadi MSi saat bertemu beberapa CEO perusahaan Jepang atas fasilitasi LPK SO Fujiwara JLC, Selasa (16/07). FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/ RAKYAT CIREBON--

CIREBON - Dengan fasilitasi dari LPK SO Fujiwara JLC, beberapa pimpinan perusahaan, atau CEO asal negeri Sakura Jepang datang dan bertemu dengan Pj Walikota Cirebon, Drs H Agus Mulyadi MSi di ruangannya, Selasa (16/07).

 

Selain beberapa CEO yang datang langsung ke Indonesia kemarin, Direktur LPK SO Fujiwara JLC, Akhmad Jaelani mengungkapkan, begitu banyak para pengusaha Jepang yang ingin menanamkan modal di Cirebon, terlebih setelah akses Bandara begitu dekat, dan wacana segitiga Rebana mulai dipersiapkan.

 

BACA JUGA:Furqon Nurzaman jadi Sosok Diperhitungkan di Bursa Calon Walikota

 

"Kota Cirebon memiliki potensi yang sangat baik dari segi SDM, mereka senang," ungkap Akhmad, yang juga menjadi penterjemah para CEO dari Jepang.

 

Dikatakan Akhmad, mereka juga senang, karena Pemkot, sudah menyepakati kerjasama dengan perusahaan mereka, terkait dengan penyaluran tenaga kerja.

 

Diakui Akhmad, saat ini, di Jepang sangat banyak perusahaan yang kekurangan tenaga kerja, sehingga peluang ini, ditangkap oleh Pemkot, untuk kedepan bisa mengirimkan tenaga-tenaga kerja profesionalnya kesana.

 

BACA JUGA:Kader PDIP Bergejolak, Tuding Statmen Sekjen PKB Tak Masuk Akal

 

"Mereka sangat tertarik untuk berinvesatasi disini, bahkan mereka juga sangat mengapresiasi Pemkot Cirebon yang menyepakati untuk penyaluran tenaga terampil ke Jepang, karena orang-orangnya pada ramah sopan," kata Akhmad.

 

Sementara itu, Pj Walikota Cirebon, Drs H Agus Mulyadi MSi mengungkapkan, yamg berkunjung kemarin adalah CEO dari perusahaan di Jepang yang bergerak di bidang Rumah Sakit.

 

LPK SO Fujiwara JLC sendiri, dinilai Agus memang memiliki jejaring yang kuat disana, dan dari hasil pertemuan kemarin, setidaknya ada dua kesimpulan yang disepakati bersama.

 

BACA JUGA:Pelita Anak Hadir di Posyandu, Dokumen Kependudukan Anak Semakin Mudah Diurus!

 

"Ada dua kesimpulan. Pertama, kita sepakat bisa kirimkan tenaga terampil ke Jepang melalui LPK ini. Dalam waktu dekat mereka akan kirim LO," ungkap Agus.

 

Untuk itu, lanjut Agus, terkait dengan penyediaan SDM nya, Pemkot akan berkoordinasi dengan lembaga-lembaga pendidikan tinggi di bidang kesehatan, sehingga nanti para lulusannya bisa diarahkan kesana.

 

Agus juga melihat, ini adalah sebuah prospek yang bagus untuk pengembangan karir, dimana salahsatunya Jepang adalah negara dengan penghasilan yang cukup tinggi.

 

BACA JUGA:Pelayanan Haji 2024 Disambut Baik Jamaah

 

"Mereka paling butuh tenaga kerja, karena angka pertumbuhan mereka sudah negatif. Kedua, mereka mengundang kami bisa berkunjung ke Osaka, sebagai kawasan industri di Jepang. Beberapa perusahaan mereka sudah berniat investasi di Indonesia," kata Agus. (sep)

Sumber: