30 Mahasiswa Buat Project Robotika di CRC-UMC

30 Mahasiswa Buat Project Robotika di CRC-UMC

Para mahasiswa Prodi Teknik Informatika UMC membuat project robot dalam workshop robotika di CRC-UMC. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/ RAKYAT CIREBON--

CIREBON - Setelah resmi di bentuk, Center Robotika Cirebon (CRC) milik Universitas Muhammadiyah Cirebon langsung dimanfaatkan.

 

Prodi D3 Teknik Informatika, menjadi pihak pertama yang menggunakan CRC-UMC untuk praktek robotika bagi para mahasiswanya melalui sebuah workshop.

 

Kaprodi D3 Teknik Informatika UMC, Sokid ST MT mengungkapkan, workshop robotika ini sengaja digelar dengan tujuan untuk memberikan stimulus pengetahuan baginoara mahasiswa dalam membuat dan merangkai robot.

 

BACA JUGA:Yadi Wikarsa Klaim Dapat Dukungan Habib Luthfi

 

Hasilnya, para mahasiswa akan menciptakan kosep robotika, yang nantinya bisa diimplementasikan langsung kepada masyarakat, maupun hanya sebagai prototype untuk pengembangan penelitian.

 

"Ini sekaligus menjadi implementasi program MBKM, nantinya akan terkonversi menjadi nilai mata kuliah untuk mahasiswa," ungkap Sokid.

 

Disebutkan Sokid, workshop perdana di CRC-UMC ini, digelar dalam waktu tiga hari, dan berkolaborasi langsung dengan Edu Robotika.

 

BACA JUGA:Kemenaker Terima Laporan Banyak Tenaga Kerja di Cirebon Masih Dibawah Umur

 

"Ada 30 peserta terpilih yang mengambil mata kuliah terkait dengan Robotika, yang ikut dalam workshop ini," kata Sokid.

 

Dekan Fakultas Teknik UMC, Ir Nuri Kartini MT mengatakan, workhop ini akan diselenggarakan rutin setiap kalender akademik, karena masuk dalam mata kuliah program MBKM.

 

Selain menjadi implementasi aktifitas akademik, Nuri pun berharap kedepan, hasil dan karya para mahasiswa di bidang robotika ini bisa menjadi sumbangsih bagi masyarakat, yang bisa mempermudah kerja-kerja masyarakat di Kabupaten Cirebon, jika hasilnya dapat diimplementasikan untuk kepentingan masyarakat.

 

BACA JUGA:UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon Gelar Wisuda, Rektor Harap Lulusan Mampu Beri Manfaat bagi Masyarakat Luas

 

"Jadi, mahasiswa kami akan terus terupgrade pengetahuannya tentang robotika dan perkembangannya," ucap Nuri.

 

semoga ini dapat menjadi amalan ibadah kami Fakultas Teknik Untuk masyarakat kabupaten cirebon umumnya khususnya mahasiswa yang ada dilingkungan Fakultas Teknik.

 

Sementara itu, Wakil Rektor I UMC, Nana Trisolvena MT menjelaskan, program Merdeka Belajar Kampus Merdeka ini, adalah program bagi para mahasiswa, yang dalam satu semester, mereka harus belajar diluar kelas dengan melaksanakan program-program yang sudah ditentukan, dan workshop robotika ini menjadi salahsatunya.

 

BACA JUGA:Teuku Ryan Buka Suara Bahwa Dirinya Sering Clubbing Saat Masih Menikah dengan Ria Ricis

 

Mahasiswa yang mengikuti workshop robotika, kata Nana, mereka diharuskan membuat project robotika dan didokumentasikan dengan laporan ilmiahnya, sehingga mereka dapat mengkonversinya menjadi nilai mata kuliah.

 

Jika laporan yang dibuatnya tersebut mengikuti ketentuan tugas akhir, maka dapat juga dikonversi menjadi tugas akhir atau skripsinya nanti.

 

"Kedepan kami akan membuat workshop tak hanya untuk mahasiswa, tapi juga untuk pelajar SLTA," ucap Nana.

 

BACA JUGA:Teuku Ryan Buka Suara Bahwa Dirinya Sering Clubbing Saat Masih Menikah dengan Ria Ricis

 

Bahkan, dikatakan Nana, konversi nilai ini akan berlaku juga bagi peserta yang mengikuti, membuat project robotika, dimana jika kedepan para pelajar SLTA ini berkuliau di UMC dan prodi yang terdapat mata kuliah Robotika, itu akan secara otomatis menjadi nilai mereka.

 

"Asalkan mereka masuk ke UMC dan prodi yang ada mata kuliah yang dapat dikonversi, contohnya, MK Robotika dan mikrokontroler, ketika mereka masuk di Prodi D3 Teknik Informatika dan atau Prodi lain yang ada mata kuliah terkait project tersebut, maka kami akan lakukan konversi nilainya. Mereka sudah satu langkah dari mahasiswa lainnya," kata Nana. (sep)

Sumber: