5 Fakta Menarik Prancis yang Harus Kamu Ketahui

5 Fakta Menarik Prancis yang Harus Kamu Ketahui

5 Fakta Menarik Prancis yang Harus Kamu Ketahui-FOTO:PINTEREST-RAKYATCIREBON.DISWAY.ID

CIREBON, RAKYATCIREBON.DISWAY.ID - Olimpiade Paris 2024 akan diadakan di Prancis mulai Juli hingga Agustus 2024. Setiap tahun, turnamen penting ini menarik minat seluruh dunia. Tidak diragukan lagi menarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang Perancis, karena Perancis adalah negara besar dan terkemuka di dunia. Berikut adalah 5 Fakta Menarik Prancis yang Harus Kamu Ketahui.

5 Fakta Menarik Prancis, Negara Segi Enam

1. Negara L’Hexagone

Perancis dijuluki L'Hexagone, atau segi enam, karena bentuknya yang heksagonal. Perancis memiliki panjang sekitar 1000 kilometer dan lebar 1000 kilometer, dari utara ke selatan dan barat ke timur. Perancis adalah negara terbesar di Eropa.

2. Croissant dan Ratu Austria

Croissant adalah salah satu kuliner yang populer di Prancis. Namun ternyata croissant bukan berasal dari negara tersebut. Makanan penutup ini tampaknya berasal dari Austria. 

Menurut Alliance Française Silicon Valley, Ratu Marie Antoinette mengembangkan nama croissant setelah ingin menikmati "Kipferl", hidangan dari Wina, Austria yang berarti bulan sabit dalam bahasa Jerman. Juru masak kerajaan Prancis pada saat itu menyiapkan masakan menggunakan resep dasar kipferl, yang kemudian menjadi croissant.

3. Mode di Prancis 

Banyak brand ternama yang berasal dari Perancis dan terkenal hingga ke seluruh dunia. Chanel, Dior, Hermès, Louis Vuitton, Yves Saint Laurent, dan banyak lagi label mewah lainnya berkantor pusat di Prancis, khususnya di Champs-Élysées di Paris. Paris Fashion Week adalah acara mode paling terkenal di dunia.

Menurut Kevmrc Travel, wanita Prancis adalah fashion-forward. Namun, model-model yang abadi, bukannya trendi, sedang digemari. Tas tangan adalah lambang mode, mewakili penampilan indah mereka. Fashion tas di Perancis cukup kompetitif. Beberapa perusahaan tas ternama antara lain Longchamp dan Louis Vuitton.

Menariknya, Raja Louis XIV memainkan pengaruh yang signifikan dalam evolusi mode di Prancis. penguasa Louis XIV dianggap sebagai penguasa paling penting sepanjang masa. Ia dijuluki Le Roi Soleil (Raja Matahari).

4. Surga Kuliner

Selain fesyen, Prancis terkenal dengan negeri ajaib gastronominya yang lezat dan unik. Ratatouille, escargot, baguette, croissant, macaron, dan puluhan keju bisa ditemukan di negara ini. Menurut Authentic Europe, orang Prancis melahap 2.500 ton siput (l'escargot) per tahun. Selain itu, Perancis memproduksi sekitar 1.600 keju dari berbagai jenis. Daerah Perancis bangga dengan produksi kejunya. 

Pada tahun 2016, Prancis, negara yang terkenal dengan kenikmatan gastronominya, memberlakukan undang-undang yang melarang pemborosan makanan. Hal ini untuk mengurangi sampah makanan dan mempersulit proses pemusnahan makanan yang masih bisa dimakan. Ada dampak jika melanggar peraturan.

5. Bahasa Prancis

Bahasa Prancis adalah bahasa yang digunakan secara luas di seluruh dunia. Menurut Simon & Simon, bahasa Prancis adalah bahasa kelima yang paling sering digunakan di dunia. Bahasa Prancis adalah bahasa kedua populer lainnya, yang dipelajari banyak orang setelah bahasa Inggris.

 

Sumber: