Museum Topeng Cirebon Diresmikan dan Menjadi Museum Topeng Pertama di Jawa Barat

Museum Topeng Cirebon Diresmikan dan Menjadi Museum Topeng Pertama di Jawa Barat

Museum Topeng Cirebon Diresmikan dan Menjadi Museum Topeng Pertama di Jawa Barat-ISTIMEWA/RAKYATCIREBON.DISWAY.ID-ISTIMEWA/RAKYATCIREBON.DISWAY.ID

CIREBON, RAKYATCIREBON.DISWAY.ID - Kota Cirebon kini memiliki Museum Topeng. Dihadiri Pj Bupati Kuningan, Rd Iip Hidajat, Forkopimda serta para penggiat seni dan budaya Cirebon, museum Topeng Cirebon yang berada di sayap kiri di bagian utara gedung Balaikota Cirebon ini, diresmikan langsung oleh Pj Walikota Cirebon, Drs H Agus Mulyadi MSi, Senin (2/9) siang.

Pj Walikota Cirebon, Drs H Agus Mulyadi MSi mengungkapkan, museum topeng Cirebon ini adalah mimpi yang menjadi nyata. Karena menjadi museum topeng pertama di Jawa Barat, yang khusus memiliki koleksi topeng.

“Ini baru mulai. Ini langkah awal semoga ke depan bisa terus disempurnakan. Ini bisa menjadi satu jendela untuk melihat kekayaan seni dan budaya Cirebon,” papar Agus.

Dijelaskannya, latarbelakang dibangunnya museum topeng ini, karena tari topeng dengan media topeng, merupakan ikon dari Cirebon. Dan ternyata, kekayaan jenis topeng Cirebon ini sangat banyak, sehingga perlu dilestarikan.

Kemudian, masing-masing jenis topeng ini, memiliki banyak makna dan filosofi. Sehingga itu harus dikenal oleh generasi muda Cirebon.

“Ini akan terus kita sempurnakan,” ujarnya. Ditambahkan Agus, pemkot juga mendedikasikan bangunan Balaikota Cirebon sebagai cagar budaya untuk masyarakat.

Setelah hadirnya Museum Topeng Cirebon ini, masyarakat diundang untuk hadir dan mengenal kekayaanbudaya Cirebon.

“Balai kota kami dedikasikan untuk masyarakat. Sudah ada museum topeng dan diorama arsip. Mudah-mudahan bisa terus bertambah,” kata Agus.

Sumber: