Empat Raperda Inisiatif DPRD Kota Cirebon Selesai

Empat Raperda Inisiatif DPRD Kota Cirebon Selesai

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Cirebon, M Noupel SH MH.-ISTIMEWA/RAKYATCIREBON.DISWAY.ID-ISTIMEWA/RAKYATCIREBON.DISWAY.ID

CIREBON, RAKYATCIREBON.DISWAY.ID - Empat Raperda yang berasal dari inisiatif DPRD Kota Cirebon, dan masuk dalam Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) tahun 2024 sudah selesai dibahas dan sudah diundangkan.

Terakhir, dua Raperda inisiatif DPRD Kota Cirebon, diundangkan dan diambil persetujuan pada rapat paripurna DPRD pada Kamis (11/10) kemarin.

"4 Raperda inisiatif DPRD Kota Cirebon sudah beres. Terkahir kemarin dua raperda disahkan," demikian disampaikan oleh Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Cirebon, M Noupel SH MH.

Selain empat Raperda inisiatif DPRD Kota Cirebon yang sudah selesai, lanjut Noupel, Bapemperda masih menunggu penyampaian beberapa Raperda yang berasal dari usulan eksekutif, karena selain beberapa Raperda yang bersifat wajib, seperti Raperda yang terkait dengan LKPj dan anggaran, masih ada beberapa yang perlu dibahas.

"Kami masih menunggu penyampaian beberapa Raperda dari eksekutif, karena sudah disiapkan anggarannya," lanjut Noupel.

Setelah dikomunikasikan, dijelaskan Noupel, beberapa Raperda akan disampaikan eksekutif dalam waktu dekat ini.

"Dalam beberapa hari ini akan ada pengajuan 3 atau 4 Raperda," ujar Noupel.

Sebagaimana diketahui, pada 2023 lalu, Bapemperda menetapkan ada 16 Raperda yang masuk dalam Propemperda untuk dibahas di tahun 2024 ini.

Catatan Bapemperda, sampai saat ini sudah ada 8 Raperda yang tuntas dibahas dan disahkan.

"Sudah tuntas 8 Raperda, dari 16 Propemperda 2024. Kalau dalam waktu dekat ada pengajuan 4 Raperda, jadi ada 12. Insya Allah, kita akan kebut untuk pembahasannya," jelas Noupel.

Selain fokus menyelesaikan target Propemperda tahun 2024 ini, ditambahkan Noupel, Bapemperda juga akan mulai membahas dan menyusun Propemperda untuk tahun 2025.

"Setelah masa orientasi pekan depan, kita juga akan mulai membahas dan menyusun Propempeeda untuk tahun depan," kata Noupel.

Untuk diketahui, empat Raperda inisiatif DPRD Kota Cirebon yang sudah selesai dibahas, adalah Raperda tentang Pemajuan Kebudayaan, Raperda tentang Pelindungan Anak, Raperda tentang Penyelenggaraan Perlindungan Perempuan dan Raperda tentang Penanggulangan Bencana.

Sumber: