Miliki Gedung Siber, UIN Cirebon Bakal Buka Fakultas Sains, Teknologi dan Industri Halal

Miliki Gedung Siber, UIN Cirebon Bakal Buka Fakultas Sains, Teknologi dan Industri Halal

RESMIKAN. Menteri Agama (Menag) RI, H Yaqut Cholil Qoumas menandatangani prasasti peresmian gedung siber UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon, Kamis (17/10/2024). FOTO : HUMAS/RAKYAT CIREBON--

CIREBON - Siber menjadi kata kunci yang membedakan UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon dengan UIN lainnya di Indonesia. Usai diresmikan Menteri Agama (Menag) RI, H Yaqut Cholil Qoumas, Kamis (17/10/2024), PTKIN satu-satunya di Ciayumajakuning ini bakal segera buka fakultas baru. 

"Jangan cuma prodi-prodi ilmu agama saja. Kembangkan pula prodi ilmu pengetahuan dan sains di kampus ini," pesan Gus Yaqut saat sampaikan sambutan pada Peresmian UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon. 

Pernyataan Yaqut itu tak main-main. Pasalnya, pembentukan UIN Siber merupakan program prioritas bagi Kemenag dalam memenuhi kebutuhan pendidikan tinggi berkualitas bagi semua lapisan masyarakat. Terutama yang berada di wilayah 3T.

Oleh karena itu, tranformasi kelembagaan yang dialami UIN Siber beserta peresmian gedung siber yang bersumber dana dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) ini harus menjadi momentum agar layanan pendidikan di kampus tersebut bertambah baik, unggul dan terkemuka. 

Menyahuti harapan itu, Rektor UIN Siber, Prof Dr H Aan Jaelani MAg mengatakan, seluruh rangkaian proses transformasi yang telah usai justru menjadi titik tolak untuk terus berkembang dan berinovasi. Salah satunya ialah pembentukan fakultas baru yang menjadi karakter UIN Siber.

"Sesuai kata Gus Men, jangan ilmu-ilmu keagamaan saja yang dikembangkan. Kita sudah memiliki Prodi Informatika dan Matematika tinggal satu prodi lagi karena syarat membuka fakultas itukan tiga prodi," ujar Aan. 

Aan menyebut, fakuktas baru yang bakal dibentuk ialah Fakultas Sains,Teknologi dan Industri Halal. Gedung siber yang baru saja diresmikan merupakan cikal bakal pembentukan fakultas tersebut.

"Mudah-mudahan tahun 2025 fakultas baru bisa terwujud dengan menambah beberapa prodi yang sifatnya sains. Inipun menjadi rintisan direncanakan untuk Fakultas Sains, Teknologi dan Industri Halal," kata dia.

Dikatakan Aan, saat ini gedung siber menjadi markas bagi tim IT UIN Siber. Di dalamnya tersedia ruangan beserta fasilitas pendukung untuk produksi ilmu pengetahuan, bahan ajar serta pengolahan hasil pembelajaran. Ada pula studio podcast serta studio untuk aktivitas pembelajaran jarak jauh (PJJ). (wan)

Sumber: