Pj Bupati Dorong Kampanye Pengelolaan Sampah di Sekolah Sejak Dini

Pj Bupati Dorong Kampanye Pengelolaan Sampah di Sekolah Sejak Dini

AUDIENSI. PGRI menggelar audiensi dengan Pj Bupati Cirebon, Wahyu Mijaya. FOTO : ZEZEN ZAENUDIN ALI/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON – Masalah pengelolaan sampah di Kabupaten Cirebon harus menjadi perhatian semua pihak. Penjabat (Pj) Bupati Cirebon, Wahyu Mijaya, menegaskan pentingnya kampanye pengelolaan sampah sejak dini, terutama di lingkungan sekolah.

Hal ini disampaikannya dalam audiensi dengan Dinas Pendidikan, Bapelitbangda, dan PGRI Kabupaten Cirebon di Pendopo Bupati, Kamis (17/10). Menurut Wahyu, sampah yang dihasilkan Kabupaten Cirebon mencapai 1.200 ton per hari, namun hanya 400 ton yang bisa diangkut.

"Penting bagi dunia pendidikan untuk terlibat dalam upaya pemilahan sampah. Ini harus dimulai sejak dini di sekolah-sekolah," ujarnya.

Selain membahas masalah lingkungan, audiensi tersebut juga membicarakan rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-79 PGRI dan Hari Guru Nasional 2024. Ketua PGRI, Yeyet Nurhayati melalui Mukyani, Sekretaris PGRI Kabupaten Cirebon, menyampaikan beberapa rencana kegiatan.

Termasuk resepsi tingkat kabupaten yang dijadwalkan pada 7 Desember 2024. "Kami berharap Pj Bupati bisa hadir, dan kami juga akan mengundang Forkopimda," kata Mukyani.

Selain resepsi, PGRI akan mengadakan serangkaian kegiatan lainnya, seperti webinar bertema transformasi guru, lomba mata pelajaran untuk siswa SD, dan Kemah Budaya di Gunung Ciremai yang melibatkan anggota Pramuka dari wilayah Ciayumajakuning.

 

"Kemah Budaya ini akan dilaksanakan pada 1-2 November 2024 di Palutungan," tambah Mukyani. Sebagai bagian dari peringatan HUT, PGRI juga akan memasang bendera dan spanduk di seluruh wilayah Kabupaten Cirebon. (zen)

 

Sumber: