Lepas Atlet ke Festival Pencak Silat, Kadisporapar: Rumus Bertanding Itu Harus Menang

Lepas Atlet ke Festival Pencak Silat, Kadisporapar: Rumus Bertanding Itu Harus Menang

PRESTASI. Kadisporapar Kuningan DR Carlan MMPd melepas atlet ke Festival Pencak Silat di halaman belakang Disporapar Kuningan, Selasa 22 Oktober 2024.--

RAKCER.DISWAY, KUNINGAN – Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Kadisporapar) Kabupaten Kuningan, DR Carlan, MMPd melepas atlet pencak silat yang akan berlaga di Festival Pencak Silat Jawa Barat, di halaman belakang Disporapar Kuningan, Selasa 22 Oktober 2024.

 

Agenda pelepasan tersebut digelar bersamaan dengan apel Hari Santri Nasional 2024 di lingkungan Disporapar Kuningan. Dalam kesempatan tersebut, kadisporapar meminta para atlet harus percaya diri dan membulatkan tekad untuk mengharumkan nama Kabupaten Kuningan.

 

“Kita harus mulai mengikis prinsip menang dan kalah itu biasa. Rumus bertanding itu ya harus menang, maka harus ada ikhtiar yang luar bisa untuk mewujudkan kemenangan tersebut,” ujar Carlan.

 

BACA JUGA:Pengurus IPSI 2024-2028 Dilantik, Ketua KONI Minta Pencak Silat Jadi Cabor Unggulan

 

Dirinya juga menitipkan kepada para pelatih dan official agar memperhatikan perilaku atlet selama mengikuti festival. Salah satunya adalah mengawasi secara ketat jam tidur dan makanan atlet. Jangan biarkan atlet jajan sembarangan karena bisa mengganggu selama mengikuti festival.

 

“Selamat bertanding dan semoga kesuksesan menyertai seluruh atlet. Meski anggaran terbatas, jangan menjadi alas an untuk tidak berprestasi,” pungkasnya.

 

Sementara manajer tim Kuningan, Gigin Ginanjar MpH menjelaskan para atlet kontingen Kuningan akan didampingi tiga pelatih yakni Misbahul Anam, Mohamad Wildan, dan NendenCahayani.

 

Para pelatih tersebut akan mendampingi 11 atlet yang akan tampil di nomor tunggal putra dan putri yang diperkuat atlet perguruan Panglipur, ganda putra dan ganda putri dari perguruan Merak Emas, dan rampak yang diperkuat lima atlet dari perguruan Putra Pusaka Rundayan.

 

Gigin mengaku sepakat dengan pesan yang disampaikan kadisporapar, bahwa persiapan yang cukup mepet tidak menjadi alasan kontingen Kuningan tidak meraih prestasi di ajang yang digagas Disorda Jawa Barat dan didukung Unesco tersebut.

 

BACA JUGA:Presiden Biden Ucapkan Selamat Kepada Prabowo Usai Dilantik Jadi Presiden RI-8

 

“Meski persiapan terhitung tidak lama, namun kami akan berupaya minimal meraih satu medali emas di ajang yang digelar di Tasikmalaya ini,” terang Gigin.

 

Selain mendapat motivasi dari Kadisporapar Kuningan, para atlet yang akan berlaga juga dimotivasi oleh beberapa pengurus IPSI Kabuopaten Kuningan yang hadir dalam agenda pelepasan tersebut.

 

Beberapa diantaranya mengingatkan para atlet bahwa IPSI Kuningan juga fokus terhadap prestasi nomor seni, tidak hanya pada nomor tanding yang dalam beberapa event sebelumnya sudah menorehkan prestasi. *

Sumber: